Categories

Berita

Layanan TV Berbayar Viva+ Bersiap Hadir di Seluruh Perangkat Mobile, Andalkan Siaran Langsung Piala Dunia 2014

Avi Tejo Bhaskoro - 17 April 2014

Layanan TV berbayar milik jaringan Viva Grup, Viva+ dalam waktu dekat berencana akan menghadirkan layanan konten yang semakin multimedia. Rencananya, konten Viva+ nanti akan dapat dinikmati pengguna di seluruh perangkat, mulai dari perangkat konvensional seperti TV dan komputer, hingga perangkat mobile masa kini seperti smartphone dan juga tablet.

Sedikit info mengenai Viva+, layanan ini merupakan layanan perdana dari Viva Grup yang fokus terhadap penyediaan konten TV berbayar melalui jaringan satelit. Layaknya penyedia layanan TV berbayar lainnya, Viva+ juga menyediakan beragam kanal konten yang terdapat di dalamnya seperti saluran hiburan, olahraga, musik, dan lain sebagainya.

Untuk menjaring pengguna yang lebih luas, Viva+ berencana untuk hadir di segala perangkat yang mendukung. Seperti yang diberitakan oleh situs IndoTelko hari ini (17/4), rencana “memultimediakan” Viva+ akan diwujudkan lewat aplikasi mobile yang tentu sudah akrab bagi segenap pengguna perangkat pintar.

“Kami akan menjual layanan  ke pelanggan, wajar jika diadopsi pola menonton dimana saja. Tak hanya di televisi, tetapi semua perangkat. Nanti akan ada aplikasi  Viva+ di Android dan iOS,” ungkap Eka Anwar selaku Direktur Pemasaran Viva+ yang dimuat dalam pemberitaan IndoTelko.

Jika masih ingat, langkah Viva+ dalam memasarkan konten di banyak perangkat ini bukan lah yang pertama kali. Langkah ini sebelumnya pernah diadopsi oleh salah satu “pemain lama” dalam industri TV berbayar yakni First Media lewat produknya yang bernama First Media GO. Dalam menghadirkan layanan on-demand-go, baik Viva+ maupun First Media GO memiliki konten yang hampir serupa, dan hal ini jelas merupakan suatu bentuk persaingan yang menarik  di industri konten digital Indonesia.

Di satu sisi, walau serupa diperkirakan Viva+ “khusus” untuk di tahun 2014 ini sepertinya akan memenangkan peta persaingan dengan pesaing lainnya. Mengapa demikian? Alasannya adalah Piala Dunia 2014. Seperti yang sudah diketahui, jaringan media Viva telah memegang lisensi resmi seluruh siaran pertandingan Piala Dunia 2014, melalui aplikasi Viva+ otomatis siaran Piala Dunia 2014 juga dapat dinikmati lewat aplikasi mobile tersebut.

Sesuai dengan berita yang dilansir oleh situs Viva, aplikasi Viva+ juga disiapkan untuk mengakomodir hampir seluruh pertandingan siaran langsung Piala Dunia yang bisa diakses lewat berbagai perangkat seperti komputer, smartphone, dan tablet. Dengen begini, secara langsung aplikasi Viva+ juga bersaing dengan aplikasi bentukan Domikado yang juga dirancang untuk siaran mobile streaming Piala Dunia 2014. Melihat persaingan dengan Domikado, Viva+ kembali memiliki keunggulan yang pasti dikarenakan perseroan telah mengantongi lisensi siaran Piala Dunia 2014 yang jauh lebih lengkap.

Bagi Viva+, kemungkinan untuk menanjak di tahun 2014 ini sepertinya akan terbuka lebar, apa lagi terbantu dengan adanya euforia Piala Dunia yang ramai di masyarakat Indonesia. Namun pertanyaannya setelah gelaran Piala Dunia ini usai, akankah Viva+ dengan aplikasi mobile-nya masih memiliki potensi ke depannya? Kita nantikan saja perkembanganya di kemudian hari.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter