1. Lifestyle

Layanan Wifi Connection Untuk Nintendo Wii dan DS Akan Ditutup

Sekitar setengah tahun lalu, Nintendo pernah berjanji untuk memperbaiki lini bisnis mereka yang kurang 'terawat'. Yang adalah layanan digital.

Saat itu Nintendo ingin sekali menyaingi PlayStation Network dan Xbox Live. Sayangnya kabar terbaru malah menyebutkan bahwa Nintendo akan menghilangkan salah satu fitur layanan online, yaitu Wifi Connection, dalam dua console 'tua' mereka.

Apa dampaknya penonaktifan ini terhadap console-console game mereka? Itu artinya tidak ada lagi mode permainan online, matchmaking dan fitur leaderboards di dalam DS dan Wii. Walaupun begitu, sejauh ini gamer tetap bisa mengakses Netflix, browser DS/DSi, Wii Shop Channel dan juga YouTube.

Penutupan fitur yang dilakukan Nintendo ini bersifat global. Sebelum Anda mengumpulkan massa untuk melakukan aksi demonstrasi besar-besaran di depan kantor Nintendo, Wifi Connection yang dihilangkan hanya berlaku untuk console Wii dan DS, dan sama sekali tidak mempengaruhi Nintendo Wii U dan 3DS.

Nintendo menjelaskan, "Fokus kami telah beralih, kini kami mempersiapkan fitur matchmaking dalam Wii U dan Nintendo 3DS agar mampu menangani game-game terbaru seperti Mario Kart 8 dan Super Smash Bros dengan maksimal. Kami di Nintendo mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya kepada para fans yang telah mendukung console-console 'legacy' ini tanpa henti. Antusiasme dan hasrat Anda kepada video game membuat platform itu bertahan lebih lama."

 

Info menarik: Arsanesia Luncurkan Game Terbaru Berjudul “Roly Poly Penguin”

 

Walaupun Nintendo menjelaskan bahwa para pemilik Wii dan DS masih bisa menikmati permainan-permainan tersebut secara offline, tetap saja banyak judul-judul game yang terpengaruh oleh langkah ini.

Permainan-permainan Wii meliputi Animal Crossing: Let's Go to the City, Mario Kart Wii, Pokemon Battle Revolution serta Super Smash Bros. Brawl. Dan permainan DS/DSi meliputi Animal Crossing: Wild World, Diddy Kong Racing DS, Mario Kart DS, Metroid Prime Hunters, Picross 3D dan lain-lain.

Selain itu penutupan Wii Connection juga mempengaruhi beberapa permainan Pokemon dan Professor Layton; Kirby TV Channel, Mario Kart Channel and Wii Speak Channel, semuanya akan hilang. Dari pihak Nintendo sendiri, pengumuman ini baru dikeluarkan tanggal 26 Februari lalu. Wifi Connection rencananya akan ditutup per tanggal 20 Mei.

Saya sendiri tidak memiliki console Wii maupun DS, namun saya bisa mengerti jika para gamer platform tua itu merasa kecewa. Lagi pula salah satu kelebihan yang Nintendo miliki dibandingkan console lain adalah kemampuan backward compatibility beberapa platform mereka.

Namun jika Nintendo ingin agar layanan mereka terasa merata ke seluruh gamer mereka, mengorbankan satu bagian untuk fokus pada bagian yang lain bukanlah langkah yang tepat.

Sumber artikel: The Escapist Magazine. Gambar header: Gioteck.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again