Misc

Lazada Sediakan Program Afiliasi Marketing untuk Para Blogger

Bersamaan dengan acara buka puasa bersama, Lazada beberapa waktu lalu memperkenalkan program Afiliasi Lazada dalam acara Indonesian Publisher Gathering.

Acara soft launching ini digelar bersama dengan komunitas blogger Ads-id di Langsat Corner. Selain soft launching, dalam acara ini dikupas juga tentang perkembangan dunia online marketing di Indonesia. Program afiliasi Lazada sendiri telah dibuka sejak tanggal 3 Juli 2013 kemarin.

Lalu apa itu Afiliasi Lazada? Lazada sendiri adalah layanan e-commerce - pusat belanja online yang menawarkan berbagai barang yang bisa dibeli secara online oleh konsumen. Sedangkan program afiliasi merupakan program kemitraan antara Lazada dengan publisher termasuk blogger dengan menempatkan barang yang dijual di Lazada di website blogger.

Lebih lengkap dijelaskan Lazada dalam rilis pers:

Program afiliasi Lazada Indonesia ini merupakan program partnership commission-based dengan para blogger (publisher) untuk memasarkan barang dari Lazada Indonesia di dalam website ataupun Blog pribadi mereka. Komisi berjenjang sebesar 3-5% akan didapatkan pada setiap transaksi valid yang dilakukan melalui media iklan yang terpasang pada blog/website publisher tersebut. Program afiliasi ini memiliki beberapa keunggulan antara lain pendaftaran yang tidak dipungut biaya, tracking website cookies selama 30 hari, konversi penjualan dan nilai rata-rata transaksi yang tinggi, tingkat pembatalan order yang rendah, dukungan personal yang cepat dan tepat dari Tim Affiliate Lazada.co.id, serta berbagai pilihan media promosi yang menarik mulai dari banner, voucher, text link dan data feed.

Jadi secara mendasar, blogger bisa mendaftarkan diri untuk ikut program afiliasi. memasarkan produk yang dijual di Lazada bisa dengan cara menempelkan banner, produk feed, kode voucher dan promosi spesial. Dari penjualan hasil rujukan yang berasal dari situs blogger ke Lazada, maka akan diberikan komisi 3 sampai 5 persen.

Pertumbuhan pengguna internet tentunya bisa berdampak pula pada peningkatan jumlah situs pribadi termasuk blog. Pertumbuhan blogger ini sepertinya yang ingin ditangkap sebagai peluang oleh Lazada. Mekanisme ini menjadi hal umum, dimana Lazada bisa melakukan penyebaran promosi iklan produk dan blogger mendapatkan komisi. Mirip dengan banner iklan yang banyak ditempelkan di blog namun dengan sistem komisi serta harus ada transaksi yang terjadi atas rujukan yang terjadi.

Program ini menarik bagi blogger yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan dari blog mereka lewat komisi yang diberikan. Namun di sisi lain, dengan adanya program ini tentunya Lazada sendiri juga harus tetap menjaga agar proses pembelian di toko online mereka baik, karena jika konsumen tidak puas ketika membeli lewat rujukan sedikit banyak itu akan berpengaruh juga blog dimana konsumen mendapat rujukan.

Informasi tentang program ini bisa dilihat di tautan ini.

Sobat TRL ada yang juga blogger? Bagaiamana pendapat Anda tentang progam afiliasi Lazada ini? Tuliskan pendapat pada kolom komentar.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again