1. DScovery

Lead Time: Definisi, Jenis, dan Cara Menguranginya

Lead Time adalah durasi antara awal proses dan akhir proses. Ini juga dikenal sebagai waktu tunggu. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui definisi, jenis, dan cara mengurangi Lead Time!

Lead time adalah istilah yang digunakan dalam bisnis untuk menggambarkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tertentu.

Istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada waktu yang diperlukan untuk memproses pesanan atau memenuhi permintaan, tetapi juga dapat diterapkan untuk tugas lain, seperti berapa lama waktu yang dibutuhkan perwakilan layanan pelanggan untuk menanggapi pertanyaan.

Lead Time penting karena dapat memengaruhi keuntungan bisnis jika kamu tidak mengelolanya dengan baik.

Jika Lead Time terlalu lama, kamu mungkin kehilangan pelanggan yang pergi ke tempat lain untuk mencari layanan yang lebih cepat.

Di sisi lain, jika Lead Time terlalu singkat, kamu mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan pekerjaan berkualitas atau menangani masalah tak terduga yang muncul selama proses berlangsung.

Definisi Lead Time

Lead Time dapat didefinisikan sebagai kombinasi dari semua aktivitas yang terlibat dalam pengiriman produk atau layanan kepada pelanggan.

Atau bisa juga dikatakan bahwa Lead Time adalah jumlah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu proses.

Tidak hanya mencakup durasi setiap langkah dalam proses, tetapi juga waktu yang dihabiskan untuk menunggu langkah dimulai atau diakhiri.

Lead time tergantung pada berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap aktivitas, serta berapa banyak waktu pemrosesan yang diperlukan untuk setiap aktivitas.

Lead Time penting karena memengaruhi seberapa efisien perusahaan kamu.

Misalnya, jika kamu menggunakan sistem manajemen inventaris yang tidak memiliki cara untuk mengetahui kapan item akan tersedia kembali, kamu mungkin diminta untuk membeli lebih dari yang kamu butuhkan untuk berjaga-jaga.

Tetapi jika memiliki sistem yang sudah mengetahui kapan item akan tersedia kembali dan dapat memberi kamu perkiraan yang akurat tentang kapan item tersebut akan tiba, maka keputusan pembelian kamu akan lebih efisien.

Jenis Lead Time

Lead Time adalah ukuran berapa lama waktu yang dibutuhkan bisnis untuk menyelesaikan suatu proses. Penting bagi bisnis untuk mengetahui waktu tunggu sehingga mereka dapat merencanakan operasinya secara efektif.

Ada empat jenis waktu tunggu: customer lead time, material lead time, production lead time, and cumulative lead time.

Customer Lead Time mengacu pada jumlah waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk melakukan pemesanan dengan bisnis.

Material Lead Time mengacu pada jumlah waktu yang diperlukan untuk bahan tiba di bisnis setelah dipesan.

Production Lead Time mengacu pada jumlah waktu yang diperlukan untuk suatu barang diproduksi setelah semua komponennya tiba di pabrik atau gudang tempat mereka akan dirakit menjadi produk jadi.

Cumulative Lead Time mengacu pada jumlah total waktu yang diperlukan oleh semua tahap dalam jalur perakitan dari saat pesanan dilakukan oleh pelanggan hingga diserahkan ke tangan mereka sebagai produk rakitan lengkap yang siap dijual eceran.

Cara Mengurangi Lead Time

Semakin pendek waktu tunggu pelanggan harus menunggu, semakin besar kemungkinan mereka melakukan pembelian.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa pelanggan yang menunggu lebih dari dua menit akan menutup telepon.

Itulah mengapa solusi yang akurat dan efektif untuk mengurangi waktu tunggu sangat penting bagi bisnis apa pun.

Berikut ini adalah cara mengurangi Lead Time:

Tetapkan timeline untuk anggota tim

Salah satu cara termudah untuk membantu mengurangi Lead Time adalah menetapkan timeline untuk anggota tim kamu.

Cara ini tidak akan membuat mereka terganggu, dan itu juga akan memungkinkan mereka untuk tetap di atas apa yang perlu mereka lakukan.

Memastikan Semua Tugas Jelas

Pastikan semua orang yang terlibat dalam sebuah proyek tahu persis apa peran mereka, serta kapan peran itu harus diselesaikan.

Dengan begitu, tidak ada yang bertanya-tanya apakah mereka telah melakukan semua yang perlu dilakukan atau belum. Dan semua orang tahu kapan pekerjaan mereka selesai dengan tugas yang ada (atau jika ada lebih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan).

Sering Melacak Kemajuan

Dengan melakukan ini, kamu dapat memastikan bahwa setiap orang yang terlibat dalam proyek tahu di mana letaknya dan apa yang perlu dilakukan selanjutnya.

Cara ini memungkinkan kamu untuk mengetahui masalah apa pun sejak dini dan memperbaikinya sebelum menjadi masalah besar, yang berarti proyek kamu akan tetap berjalan sesuai rencana dan tepat waktu.

Demikianlah penjelasan selengkapnya mengenai Lead Time, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again