1. Startup

Lebih Dekat Dengan Tim Inspira, Pemenang BlackBerry Jam Asia

Sebelumnya kami sempat memuat berita kemenangan tim Inspira sebagai pemenang BlackBerry Jam Asia yang diadakan di Bangkok beberapa waktu yang lalu. Inspira membuat aplikasi Soccer Ticker yang berjalan di atas platform BlackBerry 10 yang device-nya sendiri baru resmi diumumkan tanggal 30 Januari 2013 mendatang. Berikutnya Inspira akan mewakili Asia untuk ajang BlackBerry Jam dunia yang berbarengan dengan acara peluncuran device BlackBerry 10 ini.

Kami berbincang langsung dengan tim Inspira tentang kemenangan ini dan harapannya dengan Soccer Ticker. Pemimpin tim Inspira, Vincent Putra, mengungkapkan bahwa awalnya (di BlackBerry Jam Hack Jakarta) Soccer Ticker dibuat menggunakan WebWorks yang memang lebih mudah penguasaannya.

Meskipun demikian di ajang Jam Asia ini, mereka memutuskan untuk mengganti platform yang digunakan menjadi Cascade, mengingat platform native ini memberikan banyak kemudahan dan optimasi di BlackBerry 10. Diperlukan sekitar dua bulan untuk mem-porting aplikasi ini dari WebWorks ke Cascade dan keputusan ini ternyata tidak salah dan memberikan kemenangan bagi tim Inspira.

Soccer Ticker sendiri merupakan aplikasi yang memberikan ruang bagi suporter sepakbola untuk memantau jalannya pertandingan di suatu liga sambil membicarakannya di dalam sebuah chat room. Praktek ini sendiri banyak dilakukan oleh penggemar sepakbola, misalnya menggunakan Livescore dan BB Groups sebagai sarananya. Terintegrasi dengan BlackBerry Messenger, kita dengan mudah mengajak teman-teman yang terdaftar di BlackBerry Messenger untuk bergabung di dalam chat room yang dimiliki oleh Soccer Ticker.

Saat ini Soccer Ticker fokus untuk memberikan informasi di Liga sepakbola Inggris (EPL). Tentu saja Inspira tidak menutup kemungkinan akan dimasukkannya liga sepakbola lain atau bahkan olahraga lainnya untuk pengembangan berikutnya.

Meskipun memenangkan ajang BlackBerry Jam, tim Inspira menyatakan bahwa produknya tidak terikat secara eksklusif dengan BlackBerry ataupun BlackBerry 10. Tapi Inspira tentu ingin mencoba peruntungannya terlebih dahulu dengan platform terbaru besutan Research In Motion (RIM) ini. Inspira menargetkan untuk memperoleh satu juta user selama tahun 2013.

Ketika ditanya soal model bisnis, Inspira mengatakan bahwa konsep freemium bakal dijalankan terlebih dahulu di mana untuk akses yang lebih banyak akan dikenakan sedikit biaya. Selain itu Inspira juga mempelajari bagaimana menampilkan iklan tapi tetap tidak mengganggu pengalaman pengguna aplikasi ini.

Tentang dana yang diperoleh melalui ajang BlackBerry Jam ini, Inspira menyebutkan bahwa pihaknya ingin merekrut lagi orang-orang untuk bergabung di timnya. Saat ini Inspira telah memiliki tujuh orang di dalam tim dan ingin menambah lagi sebagai persiapan untuk ekspansi ke platform lain. Selain itu Inspira sangat terbuka jika ada investor/partner strategis yang memiliki visi yang sama dan ingin membantu Inspira melakukan scaling terhadap produknya.

Tentu saja kesuksesan awal Inspira akan sangat bergantung dengan kesuksesan BlackBerry 10 yang ingin mengembalikan supremasi RIM di kancah smartphone dunia. Meskipun demikian, mari kita dukung tim Inspira yang akan mewakili Indonesia (dan Asia) di ajang tingkat dunia dengan mengusung Soccer Ticker awal tahun depan.

Berikut ini adalah video walkthrough Soccer Ticker yang dimuat di CrackBerry:

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again