10 November 2016

by Yoga Wisesa

LeEco Super Bike Ialah Sepeda Pintar yang Didukung Rentetan Fitur Canggih dan Sinar Laser

Super Bike menyimpan banyak sekali gadget sehingga layak disebut 'sepeda super'.

Dikenal konsumen awam sebagai produsen smartphone, LeEco tak berhenti memperluas bisnisnya ke berbagai ranah, memiliki anak perusahaan di industri musik, produksi film, olahraga, virtual reality sampai transportasi. Khususnya di segmen kendaraan, perhatian sang perusahaan Tiongkok itu juga tak cuma difokuskan pada konsep mobil elektrik dan driverless  saja.

Familierkah Anda dengan LeEco Super Bike? Ia adalah sepeda pintar yang LeEco yakini dapat merombak penyajian alat transportasi dua roda tersebut. Hingga kini, produsen memang masih malu-malu menyingkap seluruh kemampuannya, namun dari laporan media-media ternama seperti Techcrunch dan The Verge, Super Bike menyimpan banyak sekali gadget sehingga memang layak disebut 'sepeda super'.

Untuk rancangannya sendiri, Super Bike bukanlah sepeda berpenampilan eksotis dengan roda spokelesswheel. LeEco masih tetap percaya pada desain tradisional, meski mereka tak lupa mengintegrasikan kesan futuristis. Jika dilihat dari samping, bagian frame melengkung di sana terlihat seperti emblem Starfleet di Star Trek. Di area setang, Anda bisa menemukan rangkaian tombol dan layar sentuh empat-inci untuk mengakses segala fitur dan informasi.

Struktur Super Bike terbuat dari logam aluminium, lalu ada sepasang lampu LED di depan, di samping, lampu LED merah (rem) di belakang, dan marker laser. Ada tiga tombol di batang frame atas: untuk menyalakan kamera dan lampu. Bantalan kursinya sendiri dilapis kulit, kemudian LeEco memanfaatkan gearset Shimano Deore 30-speed. Menariknya, Super Bike bukanlah sepeda elektrik.

Marker laser merupakan salah satu fitur keselamatan Super Bike, segera aktif begitu lampu dinyalakan. Sepeda akan menembakkan sinar laser secara paralel sebagai tanda jarak aman dari objek atau kendaraan lain di sekitar Anda.

LeEco membenamkan fungsi perangkat pintar di dalam Super Bike, membekalinya dengan sistem operasi BikeOS berbasis Android - ditenagai prosesor 1,3GHz dan RAM 4GB. Sepeda bisa tersambung ke jaringan seluler, juga dibekali GPS dan navigasi suara, serta ada kemampuan memonitor perjalanan dan fisik pengendara (ada sensor detak jantung di bawah setang). Selain itu, terdapat fitur music player dan Anda bisa mudah mengetahui di mana posisi sepeda berada via app.

LeEco sudah mulai memasarkan Super Bike di China. Varian dasarnya ditawarkan di harga sekitar US$ 800. Di awal tahun, Will Park selaku head of marketing LeEco sempat mengungkap niatan mereka pada Digital Trends untuk menghadirkan Super Bike di Amerika pada akhir 2016.