Categories

Misc

Lego Vidiyo Adalah Sistem Permainan AR yang Terinspirasi TikTok

Buat video musik menggunakan minifigure, lalu bagikan ke platform sosial yang dimoderasi

Glenn Kaonang - 17 February 2021

Akhir Januari kemarin, Lego mengumumkan Vidiyo, sejenis permainan berbasis augmented reality (AR) yang sedikit banyak terinspirasi oleh TikTok. Premisnya cukup simpel: letakkan minifigure di atas meja, pilih lagu di aplikasi, lalu rekam video musik yang menarik dengan bantuan efek AR.

Namun tidak seperti set Lego standar, Vidiyo mempunyai set minifigure-nya sendiri. Juga sangat esensial adalah kotak kecil pipih yang Lego namai BeatBits. Setiap BeatBits mengemas gambar yang berbeda, dan gambar-gambar itulah yang pada akhirnya diterjemahkan oleh smartphone menjadi efek AR-nya (animasi minifigure, special effect, dan lain sebagainya).

Minifigure dan BeatBits ini Lego bundel dalam satu paket bernama BeatBox. Satu BeatBox dihargai $20, dan isinya mencakup satu minifigure dan 16 BeatBits. Kemasannya sendiri berperan sebagai panggung mini buat sang minifigure sekaligus wadah untuk menempatkan BeatBits. Urutan efek AR yang ditampilkan bakal bergantung pada urutan BeatBits-nya.

Alternatifnya, Lego juga menjual minifigure Vidiyo secara terpisah seharga $5, plus tiga BeatBit sebagai bonus. Sayangnya mengoleksi minifigure sekaligus BeatBits Vidiyo sampai lengkap tidak sekadar membutuhkan uang, tapi juga keberuntungan, sebab paket minifigure terpisah ini dikemas dalam wujud blind bag.

Untuk konten musiknya, Lego bekerja sama langsung dengan Universal Music Group. Sejauh ini katalognya baru mencakup sekitar 30 lagu, akan tetapi jumlahnya dipastikan bakal terus bertambah ke depannya. Juga akan ditambah jumlahnya seiring waktu adalah minifigure dan BeatBits. Untuk BeatBits, Lego punya target merilis setidaknya 130 BeatBits di tahun 2021 ini saja.

Selain membagikan hasil rekaman video musiknya ke media sosial, kita juga bisa memanfaatkan platform sosial milik Vidiyo sendiri. Lego memastikan bahwa timnya akan selalu memoderasi konten yang bersirkulasi di platform Vidiyo demi memastikan semuanya tetap family-friendly. Sekadar informasi, permainan ini ditujukan untuk anak-anak berusia 7 tahun atau lebih.

Di Amerika Serikat, Lego Vidiyo BeatBox kabarnya akan dijual mulai tanggal 1 Maret mendatang. Aplikasinya sendiri tersedia gratis untuk perangkat Android dan iOS, tanpa opsi in-app purchase sama sekali.

Sumber: SlashGear dan Wired.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter