Categories

Gadget

Lenovo Chromebook Duet 5 Adalah Satu dari Segelintir Tablet Chrome OS Berlayar OLED

Meski mengemas layar OLED, harga Lenovo Chromebook Duet 5 tetap terjangkau di $430

Glenn Kaonang - 10 September 2021

Lenovo Chromebook Duet yang dirilis tahun lalu menuai banyak respon positif dari reviewer-reviewer luar berkat kombinasi apik antara harga dan fitur yang ditawarkannya. Wajar kalau kemudian Lenovo dengan sigap menghadirkan suksesornya, Chromebook Duet 5.

Di mana Chromebook Duet 2, 3, dan 4? Entahlah, tapi yang pasti perangkat ini datang membawa sederet pembaruan yang signifikan. Yang paling utama adalah layarnya, yang ukurannya membesar dari 10,1 inci menjadi 13,3 inci. Bukan hanya itu, jenis panelnya pun telah di-upgrade menjadi OLED.

Di kategori tablet Chrome OS, layar OLED sejatinya masih tergolong cukup langka, dan ini tentu bisa menjadi daya tarik utama Chromebook Duet 5. Secara teknis, layar Chromebook Duet 5 memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel, color gamut 100% DCI-P3, dan tingkat kecerahan maksimum 400 nit.

Perubahan yang berikutnya adalah perkara dapur pacu. Chromebook Duet 5 mengemas chipset Qualcomm Snapdragon 7c Gen 2 dan RAM 8 GB. Di atas kertas, kinerjanya sudah terdengar lebih mumpuni ketimbang pendahulunya yang cuma mengandalkan chipset MediaTek Helio P60T dan RAM 4 GB. Untuk penyimpanannya, Chromebook Duet 5 dibekali eMMC berkapasitas 256 GB.

Hebatnya lagi, Lenovo mengklaim Chromebook Duet 5 punya daya tahan baterai yang bahkan lebih baik lagi dari sebelumnya, tepatnya sampai 15 jam pemakaian dalam sekali charge. Sebagai perbandingan, Chromebook Duet generasi pertama sendiri sebenarnya sudah cukup oke perihal baterai karena mampu bertahan sampai 10 jam per charge.

Seperti sebelumnya, Chromebook Duet 5 juga hadir bersama aksesori berupa detachable keyboard dan cover belakang yang dilengkapi kickstand. Lenovo juga menyertakan sebuah stylus, dan stylus ini bisa ditempelkan secara magnetis ke cover belakangnya (sekaligus di-charge) ketika sedang tidak digunakan.

Berhubung layarnya jauh lebih besar, otomatis bobot perangkatnya pun bertambah dari 450 gram menjadi 700 gram (tablet-nya saja). Beruntung Lenovo tetap bisa menjaga ketebalannya di angka 7,24 mm. Chromebook Duet 5 juga mengemas sepasang port USB-C, tidak seperti pendahulunya yang cuma punya satu.

Di Amerika Serikat, Lenovo Chromebook Duet 5 bakal dipasarkan mulai bulan Oktober dengan harga $430. Selisih harganya memang cukup lumayan dari generasi pertamanya yang dibanderol $280 saat pertama kali diluncurkan, tapi masih tergolong terjangkau untuk ukuran tablet yang dibekali layar OLED.

Sejauh ini belum ada informasi apakah Lenovo berniat membawa perangkat ini ke Indonesia, tapi yang pasti perangkat ini akan dikenal sebagai Lenovo IdeaPad Duet 5 Chromebook di pasar internasional.

Sumber: Tom's Guide dan Lenovo.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter