4 January 2016

by Bambang Winarso

Lenovo Perkenalkan Tablet Serba Bisa, ThinkPad X1

ThinkPad X1 dapat berfungsi sebagai kamera 3D, proyektor dan laptop

Memanaskan ajang CES 2016, Lenovo memulai lebih dini dengan memperkenalkan sejumlah perangkat. Salah satunya adalah tablet ThinkPad X1, sebuah perangkat berbentuk tablet namun dengan kemampuan kustomisasi seleluasa PC. Di mana ia dapat dipasangkan dengan tambahan modul sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Tablet ThinkPad X1 dirancang untuk pengguna yang membutuhkan kemampuan lebih dari sekadar perangkat tablet. Untuk itu Lenovo membenamkan prosesor Intel Skylake Core M seperti yang dipunyai oleh Surface Pro 4. Prosesor tanpa kipas ini mengemban misi menjalankan semua operasional di balik layar 12 inci FHD yang menghasilkan resolusi 2K di 2160 x 1440 piksel.

Berlanjut ke memori, Lenovo menawarkan RAM 16GB dengan opsi penyimpanan internal seluas 1TB berupa memori PCIe NVMe. Yang menggembirakan, Lenovo juga membenamkan dukungan LTE-A ke dalam tablet, yang berarti ini merupakan tablet Windows pertama yang menawarkan teknologi tersebut.

Kemudian untuk mendukung produktivitas pengguna, Lenovo juga menyematkan sambungan khusus di bagian dasar yang dapat dipergunakan untuk menambahkan modul perangkat eksternal, misalnya keyboard fisik. Bukan cuma itu, Lenovo juga menambahkan dua modul lainnya yakni kamera 3D Intel RealSense dan Pico Projector.

Sementara di bagian belakang selain komponennya yang dapat dibuka, juga terdapat kickstand yang berfungsi untuk menyangga beban perangkat ketika dalam mode berdiri. Lalu ada tambahan port USB 3.0, port HDMI, danΒ  docking OneLink+. Secara keseluruhan, tablet ThinkPad X1 sepertinya bakal menjadi tambahan yang sempurna untuk pengguna kalangan enterprise.

Sayangnya modul-modul tersebut tidak akan dijual dalam satu paket bersama tablet ThinkPad X1. Kamera 3D dibanderol $149, sementara proyektornya seharga $270. Tabletnya sendiri menurut TheVerge dipatok di kisaran $899 dan mulai tersedia di bulan Februari mendatang sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 Pro. Terdapat beberapa pilihan warna yang tersedia, antara lain Midnight Black, Red, dan Silver.

Sumber berita Lenovo.