Categories

Gadget

Lensa Oowa untuk iPhone Siap Hasilkan Gambar yang Tajam dari Ujung ke Ujung

Juga minim distorsi, serta bebas chromatic aberration dan vignetting

Glenn Kaonang - 13 June 2016

Dipelopori oleh Olloclip, lensa tambahan kini sudah menjadi aksesori yang umum buat mayoritas pengguna smartphone. Namun menurut sebuah startup asal California, lensa smartphone buatan mereka adalah yang terbaik soal kualitas gambar.

Klaim ini memang terdengar ambisius, akan tetapi mereka tentunya tidak mau asal sesumbar begitu saja. Bernama Oowa, kelebihannya ada pada desain optik non-konvensional yang diyakini sangat optimal untuk sensor berukuran kecil milik smartphone.

Dua model lensa tambahan Oowa: wide angle dan telephoto / Oowa

Oowa sejauh ini terdiri dari dua model: wide angle 110 derajat dan telephoto 2,5x. Keduanya sama-sama unggul soal ketajaman gambar, tidak cuma di bagian tengah saja tetapi juga sampai ke ujung-ujung. Hal ini bertolak belakang dengan lensa smartphone merek lain, dimana hasil fotonya umumnya hanya tajam di bagian tengah saja.

Setajam apa memangnya? Berikut ini beberapa contoh hasil jepretan Oowa.

Contoh hasil foto lensa Oowa / Oowa

Contoh hasil foto lensa Oowa / Oowa

Contoh hasil foto lensa Oowa / Oowa

Selain tajam dari ujung ke ujung, lensa Oowa juga punya distorsi yang sangat minimal. Oowa juga tidak mengenal istilah chromatic aberration maupun vignetting – dua-duanya merupakan 'penyakit' umum lensa kamera yang punya rancangan optik kurang optimal.

Oowa kompatibel dengan iPhone 6, 6S, 6 Plus dan 6S Plus. Ia datang bersama casing khusus yang memiliki dudukan lensa di bagian kameranya. Untuk memasang lensa, pengguna hanya perlu menyelipkan dan memutarnya hingga terdengar bunyi klik.

Oowa saat ini dipasarkan lewat situs crowdfundingKickstarter seharga $120, sudah termasuk lensa wide angle, lensa telephoto dan casing.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter