25 April 2014

by Yoga Wisesa

Lewati Batas 30 Miliar Pin, Pinterest Umumkan Beberapa Fasilitas Baru

Dirancang untuk memudahkan penggunanya dalam mengkoleksi ide dari berbagai proyek dan minat di internet, sang founder Ben Silbermann dan kawan-kawan baru saja mengadakan event Pinterest di San Francisco. Di sana ia mengumumkan beberapa fitur baru yang akan ditanamkan pada platform ini, lengkap dengan rekor baru yang telah dipecahkan oleh Pinterest.

Silbermann dengan bangga menginformasikan bahwa pengguna telah berkontribusi dalam meledaknya jumlah Pin dari saat layanan ini pertama kali diperkenalkan: melewati batas 30 miliar Pin, itu berarti terdapat peningkatan hampir 50 persen hanya dalam enam bulan. Dan mereka telah menciptakan lebih dari 750 juta Board bookmark.

 

Info menarik: Line Creators Market Sudah Dibuka, Stiker Bisa Dijual di Line Web Store Indonesia

 

Menurut tim Pinterest, peningkatan ini sebagian dikarenakan fitur Related Pins yang diperkenalkan tahun lalu. Hingga kini terdapat 90 persen lebih Pin yang ada telah memiliki Related Pins tersambung dengannya, kemudian jumlah pengguna yang me-repin Related Pins telah meningkat sebesar 20 persen.

Berdasarkan data mereka, bulan Maret lalu saja Pinterest mendapatkan peningkatan traffic sebesar 75 persen hanya melalui aplikasi mobile mereka. Hal tersebut meneruskan kesuksesan mereka di tahun 2013 dengan lonjakan traffic sebesar 50 persen. Dan dari apa yang disampaikan sang CEO dalam ajang Pinterest lalu, tampaknya mereka tidak mau berpuas diri.

Silbermann mengenalkan tiga perubahan yang akan diaplikasikan ke platform tersebut. Yang pertama adalah sistem Guided Search. Sistem ini didesain khusus untuk mobile yang memungkinkan pengguna untuk mencari 'item-item' khusus. Misalnya Anda mencari jam. Setelah Pinterest berhasil menyajikan hasilnya, Anda bisa mempersempit pencarian dengan memasukan input kategori.

Contohnya, Anda bisa mencari yang berwarna biru. Dan di sana Pinterest hanya akan menampilkan jam berwarna biru. Atau Anda mencari jam dengan penampilan tidak biasa, maka Pinterest hanya akan menampilkan jam dengan desain yang unik. Apa yang disajikan di dalamnya sudah tersedia. Hasil search akan terus menyempit hingga Anda benar-benar mendapatkan item yang diinginkan.

 

Info menarik: [Panduan Pemula] Cara Membuat Thread Polling di Forum Kaskus

 

Sang CEO berpendapat bahwa Guided Search akan membantu Anda mencari apapun, bahkan saat Anda bingung untuk menuliskan ide yang ada di kepala. Untuk versi awal ini Pinterest akan menawarkan 32 topik berbeda, namun juga memiliki opsi kustom yang bisa digunakan user.

Kemudian ia menjelaskan bagaimana fitur Custom Categories akan diperkenalkan secara perlahan-lahan, dan akan tersedia baik untuk mobile maupun versi desktop.

Yang terakhir Pinterest mengenalkan beberapa perubahan pada kemampuan Related Pins. Silberman menjelaskan bagaimana mereka telah memperbarui sistem algoritma agar ia mampu menyajikan konten-konten lebih akurat, dimana gambar atau brand produk tidak harus benar-benar serupa. Termasuk aktivitas ataupun mainan yang berkaitan dengannya.

Sumber artikel: Gigaom.com dan TechCrunch. Sumber gambar header: Pinterest via Shutterstock.