28 May 2014

by Bambang Winarso

LG G3 Resmi Diperkenalkan, Siap Jegal Galaxy S5 dan HTC One M8

Saga LG G3 akhirnya berakhir sudah, pada 27 Mei waktu setempat melalui rilis resmi LG memperkenalkan jagoan smartphone baru yang merupakan penerus LG G2, apalagi kalau bukan LG G3.

Guna menyambut kelahiran LG G3, pihak vendor telah menjadwalkan event besar di 6 kota di seluruh dunia antara lain London, New York, San Francisco, Seoul, Singapore dan Istanbul. Tapi tentu informasi paling penting yang justru sobat inginkan adalah spesifikasi LG G3 yang katanya siap menjegal Samsung Galaxy S5 dan HTC One M8.

Komponen penting pertama yang biasa jadi sorotan adalah prosesor, dan LG tergolong tak main-main dalam mempersiapkan LG G3. Buktinya mereka menyematkan perosesor handal quad core Qualcomm Snapdragon 801 yang mampu menghasilkan kecepatan hingga 2.46GHz. 

Kecepatan prosesor Snapdragon 801 ditopang oleh RAM berkapasitas 2GB dan memori internal 16GB yang dapat diperluas hingga 128GB dengan ketersediaan slot microSD.

 

Info Menarik: Lenovo Persiapkan Perangkat Flagship Terbarunya, Lenovo Vibe Z2 Pro

 

Seperti vendor smartphone lain, LG juga mengemas LG G3 dalam layar yang lebih lebar, 5.5 inci dengan kualitas HD IPS beresolusi 2560 x 1440 atau 538ppi. Kendati membawa layar yang lebih lebar ketimbang pendahulunya, dari sisi dimensi relatif sama 146.3 x 74.6 x 8.9mm.

Sisi kamera tak luput dari perhatian LG, di mana untuk bagian belakang dibekali kamera beresolusi 13.0MP yang diperkaya fitur OIS dan Laser Auto Focus untuk membidik objek bergerak dengan sempurna. Sementara di bagian depan, LG G3 mendapatkan bekal kamera 2.1MP.

Guna menopang pengoperasian perangkat, LG menanamkan baterai 3,000 mAh. Dari sisi kapasitas pengguna juga ditawarkan kemudahan untuk mengganti baterai berkat penempatan komponen yang dapat dilepas. Keistimewaan lain, untuk mengisi ulang perangkat, pengguna bisa memanfaatkan dukungan wireless charging yang sepenuhnya tertanam di LG G3.

 

Info Menarik: Ini Dia Detail dan Alamat Kantor PT. Apple Indonesia

 

Smartphone berbasis Android 4.4.2 KitKat ini memiliki fitur-fitur koneksi terkini layaknya perangkat smartphone lainnya seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth Smart Ready (Apt-X) dan NFC.

Dari barisan amunisi di atas, LG G3 tampaknya sengaja dipersiapkan oleh sang pembesut untuk menjegal smartphone vendor lain semisal Samsung Galaxy S5 dan HTC One M8. Ketiganya bisa dikatakan nyaris menawarkan spesifikasi yang setara, namun demikian masing-masing tentunya memiliki keunikan tersendiri.

Di Korea Selatan LG G3 sudah bisa dipesan per 28 Mei 2014 sementara untuk pasar Inggris baru per 1 Juli mendatang. Kapan ke Indonesia? Sepertinya Anda harus lebih bersabar, untuk langkah awal Anda bisa mengambil ancang-ancang dengan menandai satu dari tiga warna yang disediakan mulai hitam metalik, putih dan emas.

Sumber berita dan gambar header LG 1, LG 2