Categories

Gadget

LG G7 ThinQ dengan AI Resmi Diluncurkan, Ini Detail yang Harus Diketahui

LG G7 ThinQ kini dengan layar notch dan bawa fitur-fitur dengan kedalaman integrasi AI

Lukman Azis - 3 May 2018

Sempat dikabarkan bahwa LG tak lagi menggunakan nama "G" pada smartphone premium terbarunya, rumor tersebut dipatahkan karena akhirnya perusahaan asal Korea Selatan itu telah resmi memperkenalkan penerus LG G6 yakni "LG G7 ThinQ".

Label "ThinQ" di sini untuk mempertegas bahwa smartphone Android 8.0 Oreo ini telah disematkan fitur-fitur berbasis teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) guna meningkatkan pengalaman pengguna.

Dibanding LG G6, LG G7 ThinQ membawa banyak hal baru, mulai dari desain yang lebih stylish dengan layar notch seperti iPhone X dan peningkatan kamera dengan lebih banyak fitur berbasis AI. Apalagi?

Desain Stylish dengan Layar Notch

Tidak bisa ditampik, kalau layar notch atau "berponi" seperti halnya pada iPhone X mampu meningkatkan tampilan smartphone secara signifikan. Kini LG mencoba mengikuti arus trend dengan ikutan menempelkan notch di permukaan layarnya.

Layar IPS FullVision sendiri membentang seluas 6,1 inci, aspek rasio 19,5:9, disokong resolusi QHD+ 3120x1440 piksel dengan kepadatan piksel 564 ppi. LG menyebutnya "Super Bright Display" dengan tingkat brightness yang mengesankan, mampu mencapai output maksimum hingga 1.000 nits. Artinya, layar akan terbaca dengan baik saat di bawah paparan sinar matahari langsung.

Desain LG G7 ThinQ tersusun atas material logam dan kaca dengan konstruksi unibody. Bagian muka dan penggung mengusung bahan kaca, kemudian bingkai logamnya dipoles seolah melebur, memberi kesan layaknya sepotong kaca.

Untuk ketahanan, LG melapisi Gorilla Glass 5 pada permukaan kaca bagian depan dan belakang. Serta sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan debu.

Kamera Lebih Cerdas dengan AI

LG menyebatkan kamera depan 8-megapixel dan sepasang kamera 16-megapixel pada bagian belakang. Keduanya dilengkapi bidikan super wide angle, penangkapan gambar ekstra lebar ini tentu membuat hasil foto landscape lebih optimal.

Konfigurasi kamera ganda yang digunakan masih sama, lensa utama 16-megapixelstandart angle 71 derajat dengan bukaan besar f/1.6 dan lensa kedua 16-megapixelwide-angle 107 derajat dengan bukaan f/1.9.

LG pun telah membenamkan fitur-fitur kamera berbasis AI, mulai dari AI CAM yang menawarkan 19 mode pemotretan, membantu kamera LG G7 ThinQ mengenali beragam objek yang dipotret. Setiap mode akan meningkatkan karakteristik subjek dengan mempertimbangkan faktor-faktor pendukung seperti sudut pandang, warna, refleksi, pencahayaan, dan tingkat kejenuhan.

Kemudian ada AI Portrait, untuk mengambil gambar artistik dengan efek bokeh yang fokus pada subjek dan latar belakang yang blur. Lalu, ada super bright camera yang menyesuaikan pengaturan kamera secara otomatis saat pemotretan dilakukan dalam cahaya rendah.

Chipset Snapdragon 845

LG sudah membenamkan chipset terkini Snapdragon 845 di jantungnya, dibantu pilihan RAM 4GB/6GB, ruang penyimpanan 64GB/128GB, serta baterai berkapasitas 3.000 mAh yang telah mendukung Quick Charge 4.0 dan kapabilitas Qi wireless charging.

Uniknya LG G7 ThinQ memiliki sebuah tombol yang didedikasikan untuk mengaktifkan fungsi AI pada smartphone ini. Satu ketukan pada tombol ini akan mengaktifkan Google Assistant, sementara dua ketukan cepat akan mengaktifkan Google Lens.

Opsi untuk menekan dan menahan tombol ini selama beberapa saat akan membuat penggunanya dapat langsung memerintah Google Assistant. Dilengkapi Super Far Field Voice Recognition (SFFVR) dan mikrophon dengan sensitivitas tinggi, membuat Google Assistant di dalamnya mampu mengenali perintah suara hingga lima meter jaraknya.

LG G7 ThinQ akan mulai beredar dalam beberapa hari mendatang di Korea Selatan. Diikuti di berbagai negara yang menjadi pasar utama di belahan Amerika Utara, Eropa, Amerika Latin dan Asia. Detail terkait harga akan diumumkan terpisah berdekatan saat peluncurannya pada masing-masing negara. Pun demikian harga LG G7 ThinQ Indonesia, kita tunggu saja.

Sumber: PhoneArena

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter