18 July 2017

by Glenn Kaonang

Berkat Inovasi LG Ini, Handrail Eskalator Bisa Bebas dari Kuman

Sanggup membunuh 99,99% persen kuman di permukaan handrail dengan sinar ultraviolet, dan yang terpenting, secara terus-menerus

Saat berkunjung ke pusat perbelanjaan, coba Anda amati kebiasaan orang-orang yang naik atau turun menggunakan eskalator. Sebagian ada yang memegang handrail, sebagian lainnya tidak. Kelompok yang tidak ini mungkin punya alasan yang sama yang menyangkut soal kebersihan.

Setiap harinya ada berapa ratus atau ribu tangan yang berkontak fisik dengan handrail eskalator, dan mengelapnya hanya dua atau tiga kali sehari tentu tidak cukup untuk membunuh semua kuman yang menempel. Hal ini setidaknya bisa menjelaskan mengapa ada orang yang benar-benar ogah memegang handrail eskalator.

Solusinya, menurut LG, adalah sebuah perangkat yang bisa langsung dipasangkan ke ujung eskalator yang bertugas membersihkan – mensterilkan lebih tepatnya – handrail secara konstan. Bukan dengan air dan sabun tentunya, tapi dengan sinar ultraviolet.

Lewat divisi Innotek-nya, LG memperkenalkan Handrail UV LED Sterilizer. Perangkat seukuran setengah kertas A4 ini diklaim sanggup menumpas hingga 99,99% kuman yang ada di permukaan handrail sebelum seseorang menempatkan tangannya di atas handrail.

'Senjatanya' tidak lebih dari sinar UV dengan panjang gelombang 278 nanometer. Tidak ada bahan kimia atau logam berbahaya yang digunakan, sehingga kinerjanya dijamin tidak membahayakan manusia.

Namun yang paling istimewa adalah bagaimana perangkat ini bisa beroperasi tanpa perlu tersambung colokan listrik. Ia pun juga tidak perlu di-charge sebab telah mengadopsi sistem self-charging berbasis energi kinetik, dengan pergerakan handrail sebagai sumbernya.

LG Handrail UV LED Sterilizer sudah lulus sejumlah uji sertifikasi di berbagai kawasan. Kehadirannya di tempat-tempat publik sejatinya tinggal menunggu waktu saja.

Sumber: PR Newswire.