2 October 2017

by Bambang Winarso

LG Hentikan Update Keamanan untuk G3, G4, G4 Stylus dan Stylo

LG memutuskan untuk fokus memberi dukungan untuk model yang lebih baru

Masing-masing pabrikan smartphone mempunyai kebijakan sendiri dalam memberikan pembaruan piranti lunak. Sebagian besar brand memilih untuk secara konsisten merilis pembaruan terutama untuk sektor keamanan, namun hampir semua brand memberikan batas tertentu untuk beberapa model perangkat keluarannya.

Seperti yang dilakukan oleh LG. Pabrikan asal Korea Selatan itu mulai menghapus beberapa perangkat yang bakal memperoleh pembaruan keamanan bulanan. Informasi ini diperoleh dari halaman resmi LG yang memuat informasi seluruh patch dan juga daftar perangkat yang bakal menerimanya. Dalam perkembangan terbaru, beberapa model tidak lagi dicantumkan dalam daftar tersebut, mereka adalah: LG G3, LG G4, LG G4 Stylus dan LG Stylo.

Dengan demikian, mulai sekarang jika Anda merupakan pemilik salah satu perangkat di atas, jangan heran bila Anda tidak lagi memperoleh notifikasi update seperti biasanya.

Sementara itu, LG tetap akan terus menyediakan pembaruan keamanan untuk beberapa smartphone yang relatif berusia muda. Adapun model yang masih akan didukung adalah model G series (G5, G6), V series (V10, V20, V30), Q Series (Q6, Q8), dan X Series (X300, X400, X500, X cam). Tetapi jika Anda yang menggunakan salah satunya tidak memperoleh pembaruan, LG mengatakan itu dipengaruhi oleh domisili dan juga dukungan operator bersangkutan.

Tanpa pembaruan keamanan ini, perangkat relatif rentan dengan berbagai ancaman dari luar. Pun demikian, pemilik perangkat berperan besar untuk meminimalisir atau memperbesar resiko ancamannya. Bijak dalam mengunduh aplikasi dan mengakses internet akan sangat membantu pengguna menghindari virus, malware dan ancaman jenis lainnya.

Sumber berita LG dan gambar header ilustrasi LG G4 Series.