Categories

Gadget

Jelang CES 2018, LG Umumkan Tiga Monitor Berteknologi Nano IPS

Diklaim mampu mereproduksi warna secara lebih akurat, sampai ke level monitor-monitor yang biasa digunakan studio Hollywood

Glenn Kaonang - 22 December 2017

Konsumen monitor high-end pastinya tahu bahwa resolusi bukanlah penentu utama dalam membeli sebuah monitor. Reproduksi warna yang akurat kerap menjadi faktor lain yang diprioritaskan. Di segmen TV, problem ini sudah terpecahkan berkat kemunculan deretan TV berpanel OLED.

Namun ongkos produksi OLED masih sangat mahal, dan ini tampaknya membuat produsen monitor urung untuk mengimplementasikannya. Alternatifnya, setidaknya menurut LG, adalah teknologi bernama Nano IPS.

Kita sudah mengenal betul apa itu IPS, yang sederhananya memungkinkan suatu layar untuk menyajikan warna yang konsisten meski dilihat dari sudut manapun. Namun konsisten bukan berarti akurat, dan di sinilah Nano IPS mencoba memberikan jawaban.

Teknologi ini pada dasarnya melibatkan partikel-partikel pada panel LED yang ukurannya sudah masuk level nanometer untuk menyerap gelombang cahaya yang berlebih dari backlight. Hasilnya menurut LG adalah peningkatan dalam hal intensitas dan kemurnian warna, sehingga tampak lebih akurat secara keseluruhan.

LG mengklaim bahwa monitor berteknologi Nano IPS besutannya mampu menampilkan 98 persen dari spektrum warna DCI-P3, dan mereka tidak segan membandingkannya dengan monitor-monitor yang biasa digunakan studio Hollywood dalam sesi mastering.

LG 34WK95U, ultra-wide, beresolusi 5K dan tentu saja mengemas teknologi Nano IPS / LG

Monitor Nano IPS pertama yang akan dipamerkan di ajang CES 2018 adalah LG 32UK950, yang mengemas layar 32 inci beresolusi 4K. Lalu yang kedua adalah LG 34WK95U, yang mengusung layar ultra-wide (21:9) beresolusi 5K (5120 x 2160 pixel). Keduanya sama-sama mengemas bezel yang amat tipis, serta mampu mempertahankan dynamic range yang tinggi meski dalam tingkat kecerahan maksimum, yakni 600 nit.

Juga tidak kalah penting adalah ketersediaan port Thunderbolt 3 (USB-C), yang berarti pengguna bisa menyambungkan laptop sekaligus mengisi ulang baterainya hanya dengan menggunakan satu kabel saja. Satu kabel yang sama itu juga bertanggung jawab atas data grafis 4K dan 5K sekaligus audio yang berasal dari laptop maupun PC.

Monitor Nano IPS yang terakhir adalah LG 34GK950G (tidak ada dalam gambar), yang ditujukan buat para gamer. Layar 34 incinya hanya mengemas resolusi QHD (2560 x 1440), akan tetapi sebagai gantinya pengguna bisa menikmati refresh rate tinggi berkat kompatibilitasnya dengan teknologi G-Sync milik Nvidia.

Sumber: LG.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter