24 March 2014

by Yoga Wisesa

LG Perkenalkan Bohlam Pintar yang Terintegrasi dengan iOS dan Android

Menjadi bagian dari konsep smart house/appliances, bohlam pintar memiliki kemampuan yang banyak orang bisa tebak. Namun untuk penggunaan rumah tangga, ini adalah komoditas yang cukup langka saat ini. Dalam merancang smart bulb baru mereka, LG memperluas fitur produk sehingga terintegrasi dengan smartphone yang Anda miliki.

Smart bulb ini mempunyai daya tahan layaknya bohlam modern: hemat listrik dan mampu bertahan selama kurang lebih sepuluh tahun dengan pemakaian lima jam per hari. Tapi hal yang membuatnya menjadi 'pintar' kemampuan konektivitas via Bluetooth. Kemudian untuk fungsi apakah fitur yang dimilikinya ini?

 

Info menarik: HP Segera Umumkan 3D Printer ‘Berteknologi Baru’ Bulan Juni

 

Yang pertama Anda bisa mengakses setting lampu secara spesifik dengan menggunakan app yang tersedia untuk perangkat Apple dan juga Android. Dari laman berita LG, ia bisa dinyalakan tanpa perlu menyentuhkan jari ke sekelar. Kemudian bohlam pintar ini bisa berfungsi sebagai alarm. Berbeda dengan alarm biasa yang mengeluarkan suara, anda dapat men-setting lampu untuk nyala pada jam-jam tertentu.

Hal yang berkebalikan juga bisa dilakukan, lampu mati pada siang hari atau menyala dengan redup pada senja maupun subuh. Jika Anda berniat untuk meninggalkan rumah dalam waktu lama, Anda dapat memanfaatkan mode security yang telah disajikan LG. Mode ini meniru kebiasaan Anda di rumah, dimana lampu akan menyala dan mati secara otomatis bahkan saat tidak ada orang di sana - agar orang di luar rumah berpikir bahwa rumah tersebut masih berpenghuni.

Untuk pemilik perangkat Android, terdapat fungsi 'eksklusif' sementara dimana lampu pintar akan merespon musik yang sedang diputar oleh handset.

Bayangkan jika Anda memutuskan untuk makan malam romantis di rumah bersama pasangan sembari memainkan lagu favorit Anda berdua dari smartphone, kemudian lampu rumah akan mungkin akan meredup untuk untuk mengikuti mood romantis itu. Mudah-mudahan saja fitur ini juga akan tersedia bagi pemilik iDevice.

 

Info menarik: Kantor Facebook di Jakarta Akan Ada di Pacific Place Mall

 

Ada satu lagi kemampuan fungsional yang tidak boleh kita lewatkan. LG mengerti bahwa banyak orang sering sekali meninggalkan perangkat pintar dan smartphone di dalam tas atau menaruhnya di ruang berbeda. Smart bulb baru LG ini akan merespon tiap kali ada panggilan masuk - dengan lampu pintar yang menyala 'berkelap-kelip', sehingga Anda tidak akan melewati panggilan telepon penting.

Selain Bluetooth, bohlam pintar LG juga bisa terkoneksi secara Wi-Fi tanpa membutuhkan wireless router dan pas dengan soket lampu rumah biasa. Sistem pencahayaanya menggunakan light-emitting diode (LED) dan ditawarkan dengan harga yang sangat murah, hanya 35.000 won atau sekitar US$ 32.

Sumber: Androidcentral.com. Sumber gambar header: Lge.co.kr.