7 September 2016

by Bambang Winarso

LG Resmi Umumkan V20, Suguhkan Kamera Ganda dan Layar Kedua

LG V20 masih mempertahankan figur unggulan V10, namun kali ini dengan kemampuan yang lebih baik

LG V20 akhirnya membintangi pertunjukan resminya sendiri setelah selama beberapa bulan hanya jadi figuran dalam rumor di saat sejumlah pabrikan meluncurkan perangkat terbarunya. Yap, smartphone penerus V10 itu akhirnya resmi diumumkan ke publik dengan membawa banyak peningkatan fitur-fitur yang jadi unggulan pendahulunya.

Layar

Seperti sang kakak, LG V20 mempertahankan ukuran 5,7 inci dengan resolusi QHD (1440 x 2560 piksel) dengan sebuah layar kedua kecil di bagian atas. Fungsi layar ini adalah untuk membantu pengguna memperoleh notifikasi dan juga sebagai penunjuk waktu. Bedanya dengan V10, kini layar ini dibuat lebih cerah dengan 68 nits dan dapat menampung hingga 24 karakter dibanding 14 di LG V10.

Layar V20 masih menggunakan ukuran layar V10

Dalam hal desain, LG V20 mengadopsi garis desain flagship LG G5, namun tanpa dukungan modular. V20 juga dibangun dari cover metal yang bisa dibuka sehingga memudahkan pergantian baterai. Di bagian ini juga terdapat sensor sidik jari tepat di bawah komponen kamera.

Jeroan

Masih sejalan dengan para flagship, LG V20 mengandalkan chipset Snapdragon 820 sebagai juru gedor bersama RAM 4GB dan memori internal seluas 64GB. LG V20 makin sulit ditolak dengan adanya sistem operasi Android 7.0 Nougat beserta sederet kelebihan yang diusung di dalamnya. Kemudian di balik cover kokohnya juga tersemat baterai sebesar 3.200mAh yang mendukung fitur QuickCharge 3.0.

LG V20 mengusung sistem operasi Android 7.0 Nougat

Kamera

Di atas kertas, kualitas jepretan yang dihasilkan LG V20 berada di satu kelas dengan flagship LG G5, antara lain kamera 16MP dengan OIS dan PDAF yang ditemani kamera kedua 8MP yang membawa fitur wide-angle dan fixedfocus untuk menjepret objek dalam sudut 135 derajat.

Dual kamera jadi fitur unggulan LG V20

Melengkapi kemampuan jepretan, LG juga membenamkan fitur khusus yang memberikan keunggulan dalam merekam video. Salah satunya adalah fitur Steady Record 2.0 yang merupakan karya perdana Qualcomm yang menggunakan sensor giroskop.

Selain keunggulan di atas, LG V20 juga menawarkan kemampuan audio yang tak biasa. Ia mampu menangkap audio lossless 24bit/48kHz bersamaan dengan video. Sehingga mampu merekam suara dengan volume yang tinggi seperti merekam pertunjukan konsel live tanpa mengalami degradasi. Di sisi lain, ponsel ini juga membawa sistem quad-DAC yang menghadirkan suara yang lebih jernih.

Sayangnya saat ini LG belum memberikan info harga dan tanggal rilis resmi untuk jagoan barunya ini. Tapi, banyak pihak percaya LG V20 akan lebih murah ketimbang Samsung Galaxy Note 7 yang berada satu kelas dengannya.

Sumber berita LG.