30 May 2014

by Yoga Wisesa

Lian Li Ciptakan 'Meja Komputer' High-end Untuk Pengguna PC Paling Antusias

Istilah desktop artinya adalah PC dengan model standar yang digunakan di satu lokasi tunggal karena ukuran yang cukup besar dan kebutuhan daya listrik konstan.

Desktop bisa kita uraikan menjadi kata 'desk' dan 'top', atau 'atas meja'. Menariknya, dalam menciptakan casing PC terbaru mereka, DK-01 dan DK-02, Lian Li menafsirkannya dengan... sangat harfiah.

Lian Li adalah salah satu produsen casing dan aksesori high-end yang tak kenal lelah bersaing dengan nama-nama besar asal Taiwan lain seperi Cooler Master dan ThermalTake. Tapi kali ini, Lian Li melakukan pendekatan yang berbeda. Dalam merancang DK-01 dan DK-02, mereka membuang jauh-jauh ide 'casing desktop full-tower mahal', dan mengusung ide 'casing sekaligus furnitur eksklusif' yang tak kalah mahal.

 

Info menarik: Samsung Siapkan Perangkat Virtual Reality untuk Bersaing Dengan Oculus dan Morpheus?

 

DK-01 dan DK-02 adalah casing PC yang paling unik saat ini, mengambil bentuk dasar berupa meja kaca yang bisa diisi berbagai komponen komputer di dalamnya: berbagai jenis ukuran motherboard, GPU, CPU, power supply unit, kabel-kabel dan lain-lain. Namun bagian luarnya lah yang membuat kedua casing PC berbentuk meja ini sangat unik.

Lian Li memanfaatkan material brushed aluminium berwarna kelabu untuk membungkus komponen-komponen hardware yang ada di dalamnya. Desainnya sangat simpel, tapi terlihat cantik. Anda hanya menemukan beberapa port USB, tombol power dan jack audio di bagian depan. Bagian kakinya dibuat dari bahan besi kokoh untuk menahan bobotnya yang besar.

Sebagai 'meja komputer', DK-01 dan DK-02 tidak lupa dilengkapi dengan tray tempat Anda menaruh periferal keyboard dan mouse. Pengguna juga ditawarkan kesempatan untuk memamerkan segala macam hardware canggih yang mereka miliki, bagian atas casing tersebut dibuat dari tempered glass tebal.

 

Info menarik: Ini Dia Mobil Tanpa Pengemudi dari Google, Tidak Ada Pedal Gas dan Rem serta Tidak Memiliki Setir

 

Tempered glass jauh lebih kuat dan keras dibandingkan kaca biasa. Hanya ada sedikit bahan alami yang mampu menggoresnya. Lian Li memastikan bahwa kaca ini bisa menahan beban hingga 80 kilogram (itu berarti kaca ini tidak akan bergeming bahkan jika saya berdiri di atasnya).

Jika Anda nanti berhasil 'memecahkannya', tempered glass akan hancur dengan bentuk butiran-butiran seperti kaca mobil, bukan pecahan tajam - sehingga pengguna akan tetap aman.

Karena dibuat dengan fungsi furnitur, DK-01 dan DK-02 memang tidak dimaksudkan untuk mudah dipindah-pindahkan. Pada dasarnya DK-01 dan DK-02 memiliki desain yang hampir sama, hanya ukuran mereka saja yang berbeda: DK-01 memiliki dimensi 800x50x240mm belum termasuk kaki dan bobot 37 kilogram, sedangkan DK-02 berdimensi 1150x50x240mm tanpa kaki dengan berat 45 kilogram. Dijumlahkan dengan panjang kaki, versi yang ini memiliki tinggi 805 milimeter.

Di dalamnya Anda bisa memasukan minimal 8 buah hard disk 3,5-inci, tujuh buah fan 120mm, mendukung GPU dengan panjang hingga 40 sentimeter, berbagai jenis CPU cooler, bahkan bisa Anda masukan radiator.

Berita buruknya, Lian Li membanderol kedua casing ini dengan harga yang tidak murah. Versi 'entry-level' DK-01 ditawarkan dengan harga tidak kurang dari US$ 990. Saudaranya yang lebih besar? Hanya US$ 1.200.

Via Engadget. Sumber gambar: Lian-li.com.