Masih ingat dengan Light L16, sebuah kamera pocket yang menyimpan 16 kamera kecil dan sanggup menjepret foto beresolusi 52 megapixel? Setelah sibuk mencari pendanaan investor selagi menyempurnakan prototipe beserta teknologinya, pengembangnya kini tengah bersiap untuk merilis versi produksi dari kamera unik tersebut.

Jadwalnya memang molor dari rencana awal di bulan September 2016, akan tetapi Light telah mengumumkan bahwa konsumen yang telah melakukan pre-order bakal menerima pesanannya mulai 14 Juli mendatang. Bersamaan dengan itu, Light juga merilis foto L16 versi final yang sepertinya telah melewati sejumlah revisi.

LED flash-nya pindah posisi dan kini merupakan dual-tone flash / Light
LED flash-nya pindah posisi dan kini merupakan dual-tone flash / Light

Versi finalnya ini membawa sejumlah perubahan. Yang paling kelihatan, LED flash-nya tidak lagi berada di atas logo “Light”, melainkan diposisikan di bagian tengah, tepat di sebelah modul laser focus assist. LED flash ini juga mengemas dua temperatur warna yang berlawanan, mirip seperti yang kita jumpai pada mayoritas smartphone.

Penataan 16 lensanya tidak berubah dan tetap terlihat acak. Dari total 16 lensa, L16 mengemas enam lensa telefoto 150mm f/2.4, lima lensa 70mm f/2, dan lima lensa wide-angle 28mm f/2. Di sebelah kirinya, grip-nya tampak rata dengan bodi, berbeda dari versi sebelumnya dimana grip-nya tampak sedikit menonjol.

Grip-nya kini rata dengan bodi, sedangkan panel atasnya tetap minimalis / Light
Grip-nya kini rata dengan bodi, sedangkan panel atasnya tetap minimalis / Light

Panel atasnya juga tetap sama dan masih sangat minimalis dengan hanya sebuah tombol power dan shutter. Di sekeliling kanan bodinya saya duga merupakan deretan lubang ventilasi – penting mengingat kamera ini harus melakukan proses stitching gambar yang kompleks yang pastinya akan berujung pada meningkatnya suhu perangkat.

Yang sedikit mengecewakan, tidak ada gambar terbaru dari panel belakangnya. Apakah masih didominasi oleh layar sentuh? Sejauh ini belum ada yang bisa memastikan, namun saya kira bagian ini semestinya tidak banyak berubah.

Terlepas dari itu, Light sepertinya masih kesulitan memenuhi pesanan konsumen. Mereka baru akan menerima pesanan lagi mulai akhir tahun ini, tapi itu pun hanya di Amerika Serikat saja. Buat yang penasaran seperti apa foto yang bisa dihasilkan Light L16, silakan lihat sendiri kedua foto di bawah – selengkapnya bisa langsung di situs resmi Light.

Sampel foto Light L16 / Light
Sampel foto Light L16 / Light
Sampel foto Light L16 / Light
Sampel foto Light L16 / Light

Sumber: 1, 2, 3.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.