Melakukan penggalangan dana merupakan proses yang melelahkan dan penuh dengan ketidakpastian. Sudah banyak startup yang pada akhirnya harus bersusah payah mendapatkan pendanaan agar startup bisa diluncurkan. Jika selama ini pendanaan tercepat dan termudah kebanyakan berasal dari angel investor atau venture capital, artikel berikut ini akan memberikan alternatif lain yang bisa diterapkan terkait dengan pendanaan untuk startup.

Gunakan uang pribadi (bootstrapping)

Cara termudah dan pastinya tercepat adalah menggunakan uang sendiri. Apakah itu deposito, pensiun atau penjualan aset (rumah, mobil) menggunakan uang sendiri terbilang lebih efisien tanpa adanya regulasi atau beban yang wajib dipertanggungjawabkan kepada pihak terkait.

Di sisi lain menggunakan modal sendiri di awal usaha bisa menunjukkan kredibilitas dan kemampuan dari seorang founder yang ternyata cukup memiliki dana pribadi untuk usaha.

Lancarkan strategi kemitraan sejak awal

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuat perjanjian atau kesepakatan dengan pihak terkait seperti supplier, distributor hingga pelanggan setia. Dengan demikian jalannya pengeluaran dan pemasukan bisa sepenuhnya mengandalkan supply dan demand. Pastikan early adopters yang telah menggunakan produk yang Anda tawarkan bakal kembali menggunakan produk yang Anda hadirkan dan bersedia untuk menjadi pelanggan tetap demi berjalannya usaha dengan stabil.

Hadiah dari kompetisi atau bantuan pemerintah

Dana yang berasal dari hadiah kompetisi atau bantuan pemerintah memang tidak bisa diterapkan untuk semua startup, karena jumlahnya yang terbilang kecil. Meskipun demikian, untuk langkah awal cara yang satu ini bisa dapat membantu jalannya usaha. Carilah kompetisi yang bergengsi lokal hingga internasional, dan tentukan bantuan dari pemerintah yang relevan dan tentunya sesuai dengan visi dan misi dari startup.

Pinjaman ke bank

Saat ini sudah banyak bank internasional yang menawarkan pinjaman dalam jumlah yang relevan untuk kemudian dimanfaatkan oleh startup. Pilih dengan baik bank yang sesuai, dan sebelum mengajukan pendanaan, pastikan laporan keuangan tersusun dengan baik agar proses dapat berjalan lebih mudah dan cepat.

Tentukan kapital yang sesuai

Sebelum startup memutuskan untuk mengajukan pendanaan kepada VC, pastikan standar dan finansial perusahaan sesuai dengan kriteria dan kesepakatan yang diajukan. Pada akhirnya pendanaan dari VC memang tidak bisa dihindari. Yang perlu dilakukan adalah jangan terlalu sering mengandalkan VC namun jangan hindari pula pendanaan dari VC.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.