1. Startup

Lima Cara Efektif Memasarkan Startup Secara Online

Mulai dari membuat konten video, konten pemasaran hingga melancarkan kegiatan offline

Setiap tahun strategi pemasaran kerap berubah, sepanjang tahun 2016 ini sudah banyak cara baru dan channel terkini yang bisa dimanfaatkan untuk melancarkan kegiatan pemasaran secara online. Memiliki akun media sosial saja tidak cukup ampuh untuk bisa memasarkan startup Anda secara digital, terutama untuk startup yang baru saja diluncurkan, dibutuhkan strategi berbeda yang baiknya diterapkan untuk melancarkan kegiatan pemasaran. Artikel berikut ini akan membantu Anda memasarkan startup Anda dengan tepat secara online.

Buat konten video

Saat ini video sudah menjadi cara ampuh untuk menarik lebih banyak pengguna, meningkatkan traffic dan berpotensi untuk menjadi viral. Buatlah konten video sederhana memanfaatkan software yang ada, kemudian isi konten video dengan narasi singkat dalam bentuk voice over (VO) atau caption sederhana. Meskipun terkesan sedikit mahal dan cenderung mengeluarkan biaya yang lumayan besar, namun konten video buatan sendiri tidak akan memakan pengeluaran yang besar namun mampu untuk menarik perhatian dan melancarkan kegiatan pemasaran.

Personalisasi

Kebanyakan kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh startup menargetkan pengguna dalam skala yang cukup besar, sehingga sense personal menjadi kurang dan tidak memberikan impact yang baik. Menurut Len Davis, CEO sebuah agensi periklanan Chicago, PUREi, lakukan kegiatan pemasaran secara personal, yaitu menjangkau pelanggan loyal Anda yang telah terbiasa dan mencintai produk dari startup Anda. Lakukan kegiatan ini secara rutin dan pastikan pelanggan setia Anda akan terus menggunakan produk secara berkelanjutan dengan kegiatan pemasaran secara personal.

Jaga reputasi 'brand' online

Media sosial bisa menjadi cara yang mudah untuk membesarkan sebuah brand sekaligus menjatuhkannya. Untuk itu pastikan apa yang dimuat di akun media sosial startup Anda telah melalui proses filtering yang ketat dan tidak keluar dari jalur yang telah ditetapkan. Jika adanya serangan negatif secara online, segera lakukan antisipasi dengan bijak dan elegan. Cara mudah untuk bisa mengontrol semua itu adalah, dengan melakukan penyetelan Google Alerts terhadap nama perusahaan, jika ada mention yang bersifat negatif dalam media sosial, dengan demikian perusahaan bisa melihat siapa saja orang-orang yang memiliki niat tidak baik untuk perusahaan Anda.

Jalankan juga kegiatan offline

Salah satu kunci keberhasilan kegiatan pemasaran online startup adalah jika disertai dengan kegiatan offline. Banyak pilihan yang bisa dilakukan untuk kegiatan aktivasi offline, seperti mengikuti kegiatan bazaar, eksibisi, meet-up dan masih banyak lagi. Dengan melakukan pertemuan atau interaksi langsung dengan pelanggan lama dan baru saja, bisa menumbuhkan awareness kepada mereka dan selanjutnya tertarik serta ingin mengetahui lebih jauh produk secara online. Kegiatan ini telah sukses dilancarkan oleh Berrybenka, Bukalapak, Tokopedia.

Content Marketing

Satu hal yang pasti adalah content marketing atau konten pemasaran yang bisa menjangkau lebih banyak lagi pengguna baru untuk mencoba produk startup Anda. Ciptakan konten menarik yang bukan hanya bermanfaat namun juga sarat dengan informasi tentang produk atau layanan yang dimiliki oleh startup. Upayakan untuk membuat konten banyak di share oleh pengguna di platform media sosial yang berbeda. Studi yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa 30% pencarian yang dilakukan melalui mesin pencari Google kebanyakan hasilnya adalah konten yang menarik dan banyak dikunjungi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again