Categories

Tips

Lima Hal yang Perlu Diterapkan Agar Startup Diakuisisi

Mulai dari memiliki pengguna yang banyak hingga produk yang mudah untuk digunakan

Yenny Yusra - 11 August 2016

Banyak alasan mengapa pada akhirnya pemilik startup memilih untuk diakuisisi, di antaranya adalah untuk mendapatkan keuntungan atau berencana mendirikan startup lainnya, mereka yang kemudian memilih keputusan tersebut juga dikenal dengan sebutan ‘serial entrepreneur.’

Mendirikan startup dengan tujuan akhir di akuisisi sudah menjadi hal yang umum di kalangan pelaku startup. Untuk itu jika saat ini startup Anda telah menjalankan bisnis yang cukup positif dan berencana untuk melakukan exit dengan cara diakuisisi, ada beberapa cara tepat yang perlu untuk diterapkan.

Memiliki pasar yang menjanjikan

Startup yang baik adalah mereka yang memiliki layanan atau produk yang disukai oleh banyak orang, artinya sebelum Anda memutuskan untuk melancarkan rencana startup diakuisisi, pastikan dulu produk Anda disukai dan telah memiliki jumlah pelanggan yang banyak dan terus bertambah. Pada akhirnya pihak yang nantinya akan mengakuisisi startup Anda berharap akan mendapatkan keuntungan dengan mengakuisisi startup Anda. Semakin banyak jumlah pelanggan yang Anda miliki semakin besar kesempatan startup Anda diakuisisi.

Produk digunakan setiap hari

Salah satu jenis startup favorit yang menjadi incaran dari investor adalah, startup yang memiliki produk atau layanan yang dibutuhkan dan digunakan oleh orang banyak setiap harinya. Dengan demikian memang terbukti bahwa produk yang dibuat bersifat esensial dan diperlukan setiap harinya untuk mempermudah dan membantu kehidupan orang banyak. Hal tersebut yang kemudian menarik perhatian investor dan perusahaan yang akan mengakuisisi, yaitu jika startup bisa menciptakan hubungan baik dan berkelanjutan dengan pelanggan yang tentunya bisa menambah pendapatan setiap harinya.

Produk yang menarik dan mudah digunakan

Sudah banyak startup hingga perusahaan teknologi yang menginvestasikan uang mereka untuk membuat produk yang menarik, bermanfaat dan tentunya mudah digunakan. Menjadi hal yang percuma jika Anda telah menerapkan teknologi terkini namun sulit untuk diadopsi oleh pengguna. Untuk itu jika Anda berencana untuk menarik perhatian pihak terkait untuk mengakuisisi startup, pastikan produk yang Anda buat mudah untuk digunakan.

Memiliki tim yang solid

Salah satu alasan utama perusahaan kemudian memutuskan untuk mengakuisisi startup adalah talent atau anggota tim yang solid dan berbakat. Untuk itu jika saat ini Anda merasa telah memiliki anggota tim yang memiliki kapabilitas yang prima dan tentunya saling mendukung, tidak akan sulit untuk menarik perhatian perusahaan besar yang tepat untuk kemudian mengakuisisi startup.

Bisa mengelola keuangan dengan baik

Jika saat ini startup Anda mampu mengelola pengeluaran dengan baik dan mampu mengontrol terjadinya pemborosan, bersiaplah untuk dilirik oleh investor hingga perusahaan yang berniat untuk mengakuisisi startup Anda. Startup yang baik dan ideal adalah startup yang mampu menunjukkan profit dengan stabil dan juga mampu untuk menekan pengeluaran dengan baik. Untuk itu sebagai pemilik startup dan pimpinan, Anda wajib untuk mencermati kegiatan finansial di startup Anda dengan seksama.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter