Categories

Tips

Lima Poin Penting Pola Pikir Pendiri Startup Menurut Kevin Rose

Dapat dijadikan landasan personal seorang pendiri bisnis

Randi Eka - 3 November 2015

Dalam sebuah wawancara oleh Google Ventures bersama Kevin Rose, penggusaha sukses dunia di bidang teknologi menyampaikan beberapa hal yang menjadi landasan penting bagi seorang pengusaha. Berbekal pengalamannya sebagai Co-Founder North Technologies, Founder Digg, Milk, Revision3, Powence dan rekanan strategis Google Ventures, Kevin menyampaikan beberapa hal yang menurutnya penting untuk menjadi sebuah landasan pola pikir pendiri startup/bisnis.

Keterbukaan untuk mau belajar dengan orang lain harus ditanamkan dalam diri

Di poin pertama Kevin menyinggung tentang saat seorang memulai karir menjadi pengusaha, dalam hal ini dapat diartikan sebagai founder/co-founder startup. Kevin menuturkan bahwa yang paling esensial di awal adalah keterbukaan untuk mengakui apa yang menjadi kekurangan dan hal-hal yang belum diketahui. Ia mempercayai, dengan keterbukaan ini orang lain bisa membantu dengan pengetahuan yang dimiliki.

Sepengalaman Kevin melihat lingkungan pengusaha sukses semua dikelilingi oleh orang-orang hebat. Dengan menurunkan dinding ego pribadi dan mau belajar dari pengetahuan orang lain menjadi sebuah landasan untuk terbentuknya pola pikir bisnis yang baik. Bahkan Kevin juga menyiratkan, bahwa sejatinya pola seperti ini tidak hanya untuk pengusaha yang baru saja terjun, namun harus menjadi bagian dari perjalanan karir.

Inovasi tetap harus jalan, namun jangan sampai kehilangan fokus pada bisnis awal

Ketika seorang pengusaha sukses dengan sebuah produk, tak jarang yang ingin meneruskan dengan percobaan dengan produk-produk baru lainnya. Namun seringkali orang justru lalai pada bagian ini, ide-ide baru tersebut tersaji begitu menarik, dan memacu seseorang untuk beringas mengeksekusinya semua. Di sini kemungkinan seorang pengusaha kehilangan fokus sangat tinggi.

Kevin menganalogikan ide-ide yang sering muncul ini seperti bola salju, awalnya kecil dan sedikit, namun seiring ia terus berputar maka akan menjadi besar. Ketika diputuskan semua harus dicoba, tak jarang menjadikannya kehilangan arah. Yang harus dicamkan adalah sebagai seorang pemimpin bisnis tidak bisa melakukan semua hal sekaligus. Setiap ide perlu dikritisi, perlu disaring, harus benar-benar difokuskan pada yang paling prospektif.

Basis komunitas menjadi komponen penting akselerasi bisnis

Dari perjalanan Kevin mendirikan Digg, perjalanan penting yang ia peroleh bahwa akselerasi pertumbuhan startup akan sangat terbantu jika pendiri mampu menghidupkan komunitas. Basis komunitas ini yang akan membentuk penggemar level “hardcore” untuk produk atau solusi yang dikembangkan. Endorsement mereka begitu penting untuk menumbuhkan lini masa secara native. Oleh karenanya hal ini disebut sebagai salah satu aspek penting dalam strategi pemasaran.

Menjalin hubungan yang alami dengan rekanan untuk membentuk popularitas

Terkait tips bagi startup untuk mendapatkan perhatian investor strategi yang dituturkan Kevin adalah tentang bagaimana sebuah startup menjalin “pertemanan baik” dengan jaringannya, terutama media. Ia mengatakan jangan perlakukan rekanan seperti rekanan, namun perlu dijalin sebuah hubungan yang alami. Menggunakan strategi relasi publik mungkin akan efektif untuk memberikan informasi tentang apa yang dilakukan sebuah bisnis, namun ketika mampu bercerita dengan wartawan/penulis/rekanan/investor secara lebih mendalam dan membawa penulis tersebut pada visi bisnis yang ingin diciptakan, maka mereka akan mampu membagikan informasi terbaik untuk memperkuat jaringan dan membuat bisnis makin dinilai.

Belajar dari para pendiri bisnis hebat ala Elon Musk, Jack Dorsey, dan Ev Williams dalam berbagai kesempatan,Li Kevin menyimpulkan bahwa seorang pengusahan hebat adalah orang yang melihat masalah besar sebagai tantangan, bukan sesuatu yang menjadikannya panik atau gugup. Karena yang diperlukan untuk menyelesaikannya hanyalah seorang “driver”, pengemudi yang mampu mendorong komponen yang ada untuk bersinergi memecahkan isu yang ada.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id