1. Startup

Lima Poin Penting Seputar Dunia Pekerjaan untuk Generasi Millenial

Cara tepat memanfaatkan waktu, pengalaman, dan pendidikan saat memasuki lapangan pekerjaan

Usia muda merupakan usia yang ideal untuk mulai terjun ke dunia kerja, menambah wawasan, memperluas jaringan (networking) dan mengembangkan usaha. Bagi Anda kalangan millenial yang saat ini tengah bersiap untuk menjadi seorang profesional dan mulai berkarier, ada beberapa poin penting yang sebaiknya dicermati agar bisa memuluskan rencana.

Anda tentu tidak ingin terjebak dalam pekerjaan yang tidak disukai dan penyesalan lainnya saat memilih karier. Artikel berikut ini akan memberikan 5 hal penting yang wajib diperhatikan saat memulai usaha atau menjadi seorang profesional.

Jangan lihat ke belakang

Ketika Anda melakukan kesalahan dalam pekerjaan atau gagal untuk membangun sebuah usaha, cobalah untuk tetap berjalan ke depan dan jangan terlalu memikirikan kesalahan yang telah dibuat. Belajar dari kegagalan tersebut dan temukan cara terbaik untuk memperbaiki. Yang perlu diingat dalam karier adalah Anda tidak bisa terhindar dari kegagalan. Ketika hal tersebut terjadi kepada Anda, keep moving on dan jangan lihat ke belakang.

Siapkan diri Anda

Berapa pun usia Anda saat ini, selalu siapkan dengan baik rencana, target serta impian untuk karier Anda. Manfaatkan waktu yang panjang untuk proses pembelajaran, percobaan dan perkenalan kepada semua hal terkait, pihak yang tepat dan pilihan yang sesuai. Ciptakan impian seperti apa yang ingin Anda wujudkan dan buatlah tahap serta rencana untuk mewujudkan impian tersebut.

Investasikan diri

Saat menjadi seorang pegawai di perusahaan, kebanyakan dari Anda hanya mengandalkan pelatihan atau training yang diberikan oleh perusahaan saja. Agar bisa tampil lebih baik dan memiliki wawasan yang luas, ada baiknya untuk Anda melakukan kegiatan sendiri untuk meningkatkan performa Anda. Situs seperti Coursera atau EdX bisa Anda gunakan untuk mempelajari hal-hal baru yang tentunya relevan dengan pekerjaan dan karier Anda.

Perluas jaringan pertemanan Anda

Cara yang tepat untuk memperluas jaringan adalah dengan melakukan kegiatan di luar dan menghadiri acara-acara yang sesuai dengan minat dan pekerjaan Anda. Lakukan kegiatan ini secara rutin sebagai ajang perkenalan kepada orang baru dan tentunya menambah jumlah kenalan Anda. Jangan hanya mengandalkan dari jumlah koneksi di Linkedin atau jumlah kartu nama yang telah dikumpulkan saja.

Temukan pekerjaan sesuai

Tidak mudah untuk bisa menemukan pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan minat Anda. jika saat ini Anda baru saja memiliki pekerjaan pertama, jangan ragu untuk keluar dan mencoba pekerjaan baru yang sesuai dengan minat Anda. Perbanyak wawasan dengan mencoba sesuatu hal yang baru. Ketika waktunya tepat, Anda bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan telah cukup banyak mendapatkan pengalaman yang ada.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again