Limakilo umumkan pendanaan dari East Ventures

Limakilo Umumkan Perolehan Pendanaan dari East Ventures

Limakilo adalah startup yang ingin memotong rantai distribusi produk pertanian dengan bertransaksi langsung ke petani
Limakilo akan menggunakan pendanaan untuk memperluas pasar konsumen dan mitra petani / Limakilo
Limakilo akan menggunakan pendanaan untuk memperluas pasar konsumen dan mitra petani / Limakilo

Limakilo, startup yang ingin memotong rantai distribusi komoditas pertanian, mengumumkan perolehan pendanaan dari East Ventures dengan nilai yang tidak disebutkan. Perolehan pendanaan akan digunakan untuk menjalin kemitraan dengan lebih banyak petani dan melakukan ekspansi pasar ke luar Jakarta. Saat ini mereka mengaku telah bekerja sama dengan lebih dari 15 petani di Brebes, Bandung, dan Yogyakarta.

Limakilo, yang didirikan oleh empat orang, memulai usahanya dengan mencoba memotong rantai distribusi bawang merah sebagai hasil kemenangan di sebuah acara hackathon. Mereka mencoba mengumpulkan dana, secara crowdfunding, untuk mengambil bawang merah langsung ke Brebes yang kemudian didistribusikan langsung ke konsumen. Kini mereka juga menyediakan pembelian langsung ke petani untuk produk-produk sayur mayur, cabai merah, dan beras merah.

Co-Founder Limakilo Walesa Danto dalam pernyataannya mengatakan selama ini rantai distribusi yang panjang telah membuat harga bawang merah membumbung 80% dari petani ke konsumen, tanpa petani bisa menikmatinya secara langsung. Menteri Perdagangan Tom Lembong berharap Limakilo bisa membantu memecahkan permasalahan ini dengan target kenaikan pendapatan di petani hingga 15% dan penurunan harga yang harus dibayar konsumen hingga 15%.

Dengan pendanaan ini, Limakilo berharap bisa bekerja sama dengan lebih banyak petani dan berekspansi ke luar Jakarta. Mereka akan bermitra dengan gabungan kelompok tani (gapoktan) dan melakukan pelatihan aplikasi kepada petani yang tergabung di mitra gapoktan.

Model bisnis social enterpreneurship berbasis pertanian yang digalang Limakilo memang menarik dan memberikan dampak nyata ke masyarakat. Meskipun demikian, mereka masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah di sisi teknis untuk memastikan sistem yang dikembangkan lebih handal. Pun aplikasi Android yang sempat dikembangkan tahun lalu masih belum ada pembaruannya.

Managing Partner East Ventures Willson Cuaca terhadap investasi ini mengatakan, “Sejalan dengan visi dan focus East Ventures untuk berinvestasi di kategori agriculture technology dan pertanian, tim Limakilo juga membuktikan kalau ada juga peserta Hackathon yang bisa menjadi bisnis yang sustainable and investible.”

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…