15 October 2015

by Bambang Winarso

Letter Sealing, "Bodyguard" Baru yang Jamin Keamanan Chat di LINE

LINE tampak sekali menganggap serius faktor keamanan penggunanya. Terbukti, mereka baru saja memberikan jatah update teranyar untuk aplikasinya di platform Android dan iOS dengan fitur baru bernama Letter Sealing.

Ini adalah fitur keamanan yang menerapkan metode enkripsi E2EE atau end-to-end encryption. Yang artinya, pesan yang sobat kirimkan ke teman atau keluarga akan dienkripsi oleh sistem yang melekat di perangkat masing-masing, bukan di server. Dengan demikian, sangat tidak mungkin aplikasi pihak ketiga dapat meretas pesan yang dikirimkan tersebut.

LINE mengatakan, “metode keamanan komunikasi ini memfasilitasi prosedur enkripsi yang tidak akan bisa diretas oleh program jahat, dimana konten akan disimpan di perangkat masing-masing, bukannya di server terpusat. Dengan cara ini, secara teknis tidak mungkin konten chat dapat dibongkar oleh pihak ketiga.”

Info Menarik:Resmi Dirilis, LINE Launcher Bisa Dandani Smartphone Android yang “Kucel”

Dijelaskan lebih lanjut, LINE berencana membenamkan fitur Letter Sealing ke percakapan individual dan juga Location sharing. Tapi mereka memastikan fitur-fitur lainnya di kemudian hari juga akan menyusul.

Untuk dapat merasakan manfaat sistem keamanan baru ini, kedua pengguna, penerima dan pengirim pesan harus sudah mendukung fitur tersebut. Atau dengan kata lain, keduanya harus sudah menggunakan LINE versi terkini yakni versi 5.3.0 yang sudah tersedia di Google Play Store dan juga App Store untuk iOS. Fitur juga harus dipastikan dalam kondisi aktif.

Untuk mengaktifkan fitur Letter Sealing, akses More - Settings - Chats & Voice Calls lalu tap Letter Sealing.

Seperti yang sudah dikatakan di awal tadi, LINE sepertinya cukup serius memperhatikan keamanan para penggunanya. Sebelum ini, LINE sudah pernah memboyong fitur yang juga ditujukan untuk memberi rasa aman, antara lain fitur Hidden Chat, time limited, Pascoode Lock dan fitur pin empat digit.