1. Startup

LintasBerita Dengan Tampilan Baru Mereka

Seperti yang pernah dituliskan DailySocial, setelah sebelumnya hanya tersedia secara opsional, LintasBerita akhirnya menerapkan tampilan baru dari situs mereka secara penuh. Perkenalan dari tampilan baru ini sekitar akhir bulan Desember, dan mulai diterapkan secara penuh sekitar akhir bulan Januari.

Tampilan baru ini terdiri dari tiga kolom, dengan kolom utama yang berisi koten yang dibagikan di LintasBerita ada pada bagian tengah, sisi kiri berisi daftar kategori atau Channels dan sisi kanan diisi oleh tampilan iklan serta daftar berita terbaik per minggu dan kontributor paling populer.

Kalau melihat dari screenshot dari preview tampilan baru LintasBerita sebelumnya, ada beberapa perbedaan di tampilan mereka yang diterapkan sekarang, misalnya kolom fitur 'berita melintas' yang lebih panjang, penambahan kolom tambahan di bagian kanan yang berisi tentang daftar berita terbaik per minggu, kolom khusus ada bagian atas untuk submit berita, serta beberapa elemen desain yang berbeda.

Rama menuliskan bahwa tampilan baru ini kurang memberikan fokus ada konten yang sebenarnya, yaitu berbagai berita yang dibagikan oleh para pengguna LintasBerita, dan betul saya setuju, posisi kolom bagian tengah terasa lebih kecil dan seperti terjepit oleh dua kolom pada bagian kiri dan kanan, sehingga fokus pada konten utama bisa teralihkan pada kolom kiri dan kanan.

Di sisi lain, terus terang saya lebih menyukai tampilan yang sekarang, meski tetap menampilkan kesan ramai, tampilan baru ini terasa lebih modern. Beberapa elemen dari tampilan baru ini, seperti navigasi untuk berpindah kategori berita, cukup menyenangkan untuk dijelajah, dengan automatic dropdown menu, pengguna cukup melakukan hover di atas kategori tertentu, nantinya menu ketegori berita dari Channels tersebut akan muncul.

Penempatan fasilitas untuk submit berita juga menjadi bagian penting dari LintasBerita, karena ini merupakan salah satu fasilitas utama. Pada tampilan baru ini, LintasBerita menempatkan dua pilihan untuk submit, pada bagian atas (berbentuk kolom) serta 'ribbon' pada bagian kanan yang akan mengikuti ketika pengguna melakukan scroll halaman.

Kalau melihat dari komentar beberapa pengguna LintasBerita di artikel DailySocial, selain persoalan tampilan ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan oleh layanan social bookmarking ini, seperti penyebaran tautan berita di akun Twitter mereka serta beberapa bug, misalnya ketika saya akan mendaftarkan menjadi anggota, ada satu kolom pengisian kode yang meminta saya menyalin kode di atasnya, padahal tidak ada angka atau kode, alhasil saya tidak bisa mendaftarkan diri.

Perubahan tampilan memang tidak bisa dihindari, selain sebagai penyegaran tentunya perubahan tampilan juga bisa menjadi jalan untuk menambah fitur baru, dan tentunya sangat sulit untuk memenuhi keinginan semua pihak. Kita lihat, apakah LintasBerita akan kembali mengubah tampilan mereka atau tetap dengan tampilan v2 ini.

Kini setelah tampilan baru ini meluncur untuk semua pengguna, ada pendapat tentang tampilan LintasBerita yang baru?

Disclosure : LintasBerita juga diinkubasi oleh Merah Putih Inc.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again