1. Startup

Live Blogging : Yahoo! Open Hack Day SEA

Sabtu pagi memang paling enak berkutat dengan kode pemrogramman dan juga kumpulan hardcore coder berkumpul di satu hall besar di Balai Kartini, Jakarta. Ya, hari ini Yahoo! Open Hack Day yang ke-11 resmi dimulai oleh Ken Mandell dari Yahoo Asia Pacific, lalu disambung oleh Michael Smith dan Jonathan LeBlanc, Tech Evangelist dari Yahoo!

Michael Smith dalam presentasinya menyatakan bahwa user-base Yahoo di Indonesia sangatlah besar, dan sangat merugikan jika Yahoo tidak memiliki konten lokal khusus pengguna Indonesia. Itulah salah satu alasan kenapa Yahoo! mengadakan acara Open Hack ini, untuk mengundang para developer berbakat dari Indonesia untuk membangun aplikasi lokal khas Indonesia yang dibangun diatas platform Yahoo!

Stay tuned here, saya bakal update terus posting disini sampai siang nanti ;) (semoga nanti malam juga bisa nginep)

update (10:47)

Pada dasarnya, event Yahoo! Open Hack ini ditujukan agar para developer yang berpartisipasi dapat mengembangkan sebuah aplikasi yang keren dan berguna, tidak harus dibangun diatas platform Yahoo! namun jika ingin memenangkan kontes hackathon ya sebaiknya menggunakan stack milik Yahoo!

Nantinya jika aplikasi yang dibangun populer dan disukai banyak orang, developer bisa meng-hostnya di domain/server sendiri, dan kalau kesulitan bisa dibantu oleh Yahoo! yang juga bekerjasama dengan salah satu perusahaan hosting di Indonesia. Untuk penamaan aplikasi, sebaiknya jangan menggunakan kata kunci seperti 'Yahoo','YAP', dan kata-kata kunci yang berkaitan dengan Yahoo!

Para developer juga bisa men-submit aplikasinya agar bisa masuk ke sidebar frontpage Yahoo! yang baru, namun dari Yahoo sendiri tidak memiliki kriteria untuk sebuah aplikasi agar bisa masuk ke frontpage. Kenapa? Karena nantinya sidebar tersebut akan custom-made untuk tiap pengguna, jadi seorang pengguna bisa menentukan populer/tidaknya sebuah aplikasi. Menarik bukan?

Event hackathon di Open Hack Day sendiri akan berlangsung sampai besok pagi, dilengkapi dengan hiburan untuk para hacker yang menginap disini. Mereka diberikan deadline hingga Minggu pagi untuk men-submit hasil hack mereka (aplikasi) yang nantinya akan dinilai oleh para juri. Juri-juri ini sendiri ada yang berasal dari Yahoo! dan juri developer lokal, salah satunya Rafeequl Rahman (pemenang Yahoo Mobile Developer Award 2009).

(update 12:20)

Koprol dan Yahoo mengadakan press-conference (dimana saya berhasil menyelinap masuk). Koprol menjelaskan beberapa poin seperti kerjasamanya dengan Yahoo! lengkap dengan demo langsung di homepage Yahoo yang baru. Pada pagi harinya, Michael Smith juga menyinggung mengenai Koprol dihadapan 200an developer yang ternyata langsung sign-up dan mencoba Koprol. Nah, rupanya inilah yang menjadikan server koprol (yang baru dipasang kemarin) down dan gagal di-load ketika demo di depan media.

Agaknya ini menjadi perhatian untuk para developer yang mengembangkan aplikasi di YAP (Yahoo Application Platform) untuk memperhatikan kekuatan infrastruktur aplikasi anda. Yahoo pastinya akan menyumbangkan traffic pengguna yang sangat besar untuk menggunakan aplikasi anda, jadi pastikan aplikasi anda well-structured, scalable dan pastikan server anda siap menerima limpahan traffic yang sangat besar.

Dari kasusnya Koprol, 3 server di koneksi fiber optik rupanya belum cukup untuk menahan limpahan pengguna dan aktivitas dari Yahoo!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again