1. DScovery

Logika Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya bagi Kehidupan

Logika berkaitan dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh seseorang. Logika erat kaitannya dengan cara berpikir seseorang, berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai logika.

Logika berasal dari bahasa Yunani yaitu logis yang memiliki arti pikiran atau perkataan dari pikiran. Logika juga dipahami sebagai kemampuan seseorang dalam melakukan analisis dan memahami sesuatu.

Setiap manusia akan memiliki logika yang berbeda-beda tergantung bagaimana orang tersebut menggunakan kemampuan kognitifnya untuk mencerna suatu persoalan.Untuk mengetahui penjelasan mengenai logika lebih lanjut, berikut artikel di bawah ini:

Pengertian Logika

Logika adalah cara berpikir yang dimiliki oleh seseorang mengenai pernyataan dan perkataannya melalui proses berpikir tersebut. Menurut George F. Kneller definisi logika adalah penyelidikan terkait dasar dan metode berpikir dengan alasan yang benar.

Menurut W. Poespoprodjo logika adalah pembuktian atas hukum dan aturan agak seseorang tidak terjerumus dalam sesuatu yang keliru. Logika juga sering diartikan sebagai proses memahami atau mempelajari suatu hal dan berkaitan dengan kemampuan penalaran manusia, sehingga seseorang tidak akan terjerumus ke dalam pilihan yang salah. 

Logika terjadi ketika seseorang menggunakan kemampuan kognitifnya mengenai suatu hal, sejak kecil kita selalu menggunakan kemampuan kognitif untuk mencerna dan memahami segala sesuatu sebagai bagian dari stimulus respons.

Tujuan Logika

Manusia menggunakan logika sebagai kemampuan berpikirnya terhadap suatu analisis dan proses jelas memiliki suatu tujuan. Berikut ini beberapa tujuan penggunaan logika untuk berpikir:

  • Menerapkan aturan yang tepat terhadap suatu persoalan

Logika bertujuan untuk menerapkan aturan yang tepat terhadap suatu persoalan, maksudnya adalah logika memiliki peran untuk  kemahirannya dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Dengan kata lain, logika membantu seseorang mencari solusi atas setiap masalah yang terjadi.

  • Membiasakan diri untuk bersikap berdasarkan ilmu 

Logika bertujuan membiasakan diri untuk bersikap berdasarkan ilmu, karena setiap sikap dan perilaku yang dilakukan manusia hendaknya dilakukan dengan dasar ilmu. Hal yang dimaksud sebagai ilmu disini adalah seseorang yang berupaya untuk mempelajari dan memahami sesuatu beserta adab yang baik.

  • Mengembangkan kemampuan kritis dan objektif

Tujuan lain dari logika adalah mengembangkan kemampuan kritis dan objektif yang dimiliki seseorang. Karena logika akan membuat seseorang memandang suatu permasalahan dari perspektif yang lebih luas dan tidak hanya terpaku pada satu alasan saja, tetapi juga memunculkan kemungkinan-kemungkinan lainnya. Logika bertujuan untuk membantu seseorang menilai sesuatu dengan cara yang lebih objektif dibandingkan subjektif.

Manfaat Logika

Dengan menggunakan logika seseorang akan mendapatkan manfaat dalam pengambilan suatu keputusan atau penilaian. Meskipun demikian masih terdapat beberapa manfaat lain yang timbul akibat dari logika, berikut ini manfaat logika:

  • Mengembangkan kemampuan berpikir

Melalui logika seseorang dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya, karena logika akan mengajarkan bagaimana seseorang harus mengurutkan setiap proses hingga mencapai sebuah kesimpulan untuk pengambilan keputusan atau penilaian. Logika akan membantu seseorang untuk melatih kemampuan berpikirnya, sehingga segala keputusan akan dijelaskan step by step.

  • Menganalisa apa yang benar dan salah

Logika juga akan bermanfaat dalam membantu seseorang menganalisa apa yang dianggap benar dan salah. Penggunaan logika akan membuat seseorang mencari alasan mengapa sesuatu terjadi, apa yang seharusnya dilakukan dan bagaimana kita harus bersikap. Dengan memanfaatkan logika berpikir seseorang cenderung akan lebih memahami mengenai suatu hal yang dalam pandangan manusia adalah salah dan benar.

  • Meningkatkan kemampuan penilaian objektif

Logika juga bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan penilaian objektif dibandingkan subjektif, karena logika membutuhkan sebuah alasan kuat mengenai apa yang menyebabkan sesuatu terjadi. Dengan menggunakan logika seseorang dapat lebih menilai suatu hal dengan perspektif yang lebih luas dan tidak hanya mengandalkan perspektif subjektifnya saja.

  • Mengetahui letak kesalahan dan penyelesaiannya

Manfaat logika lainnya adalah mengetahui letak sebuah kesalahan dan bagaimana cara penyelesaiannya, logika akan membantu seseorang berpikir untuk mencari sebuah solusi atas setiap permasalahan yang terjadi. Solusi ini di dapatkan melalui berbagai pertimbangan yang membutuhkan kemampuan logika seseorang dalam menganalisis dan memahami suatu permasalahan.

Demikian informasi seputar pengertian hingga manfaat penggunaan logika. Di dalam kehidupan sehari-hari logika sangatlah dibutuhkan karena segala aspek kehidupan manusia melibatkan berbagai pertimbangan untuk dapat mengambil suatu pilihan. Semoga informasi dalam artikel ini dapat bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again