Categories

Misc

Logitech Akuisisi Streamlabs Senilai $89 Juta Tunai

Namun tak ada yang berubah dari penyajian layanan Streamlabs. Software tetap bisa digunakan gratis.

Yoga Wisesa - 27 September 2019

Berkiprah hampir empat dekade, Logitech sudah melakukan cukup banyak pengambilalihan strategis demi memperkaya portfolio produknya: pemasok in-ear monitor Ultimate Ears, penyedia produk komunikasi visual Mirial, produsen gaming gear Astro, lalu sempat mengumumkan rencana untuk membeli perusahaan spesialis perangkat audio Blue Microphones. Dan ada satu nama lagi yang resmi bergabung bersama Logitech di akhir September ini.

Lewat rilis pers, Logitech mengumumkan bahwa mereka setuju untuk mengakuisisi produsen software serta perkakas khusus live-streaming Streamlabs senilai US$ 89 juta tunai. Lewat aplikasi Streamlabs OBS, para streamer dimudahkan buat berinteraksi dengan pemirsa, mengekspansi channel dan brand, serta memonetisasi siaran di platform-platform populer semisal Twitch, YouTibe, Mixer dan Facebook.

Sebelum adanya keputusan akuisisi ini, Logitech sempat bermitra bersama Streamlabs dua tahun silam. Dan sejak saat itu, software buatan Streamlabs telah menjadi favorit Logitech. Perusahaan asal Swiss ini menyediakan begitu banyak varian aksesori komputer, dari mulai keyboard, mouse sampai webcam. Dengan menggandeng Streamlabs, secara teori akan lebih mudah bagi mereka untuk mengintegrasikan software stream ke produk hardware-nya.

CEO Streamlabs Ali Moiz menjelaskan bagaimana perusahaan yang dirintisnya dan Logitech sama-sama memiliki antusiasme tinggi di ranah gaming dan sangat berdedikasi untuk melayani baik komunitas gamer maupun streamer. Dengan bergabung bersama Logitech, Streamlabs bisa terus melakukan apa yang mereka cintai, secara lebih berani dan di skala lebih besar – dibantu oleh jangkauan brand, sumber daya dan pengalaman Logitech.

Meski demikian, pengguna Streamlabs OBS tidak perlu cemas. Tak ada yang berubah dari cara perusahaan menyajikan layanannya. Developer akan terus mendukung segala macam platform, hardware dan software seperti sekarang dan akan memperluasnya di masa depan. Tool tersebut tetap dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Nantinya, Streamlabs akan terintegrasi lebih baik ke produk-produk Logitech G, Astro Gaming dan Blue Microphones.

Pembayaran sebesar US$ 89 juta dilakukan Logitech secara tunai dengan tambahan US$ 29 juta lagi dalam bentuk saham jika Streamlabs berhasil mencapai target pertumbuhan ‘yang signifikan’.

Selain layanan yang dihidangkan secara gratis, Streamlabs OBS juga menjanjikan proses setup yang mudah, hanya memakan waktu kurang dari 60 detik. Di sana Anda bisa memilih lebih dari 250 theme, serta menggunakan fitur-fitur semisal smart recording, in-game overlay, serta 4-screens-in-1. Saat ini, Streamlabs telah menghimpun 1,6 juta pengguna aktif per bulan. Dan terhitung sejak bulan Januari 2018, user sudah men-stream konten sepanjang 161 juta jam via Streamlabs OBS.

Tambahan: Streamlabs.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter