Categories

Gadget

Logitech Luncurkan Stylus dan Kombo Case + Keyboard untuk iPad Edisi 2018

Sayang hanya bisa dibeli oleh sekolah atau institusi pendidikan lain saja

Glenn Kaonang - 29 March 2018

Salah satu fitur baru yang paling menarik dari iPad edisi 2018 adalah kompatibilitasnya dengan Apple Pencil. Hal ini secara langsung membuka potensinya jadi lebih luas, terutama di sektor pendidikan, yang notabene memang menjadi target pasar utama Apple.

Masalahnya, Apple Pencil yang harus dibeli terpisah seharga $99 mungkin terlalu mahal bagi mayoritas konsumen. Namun jangan khawatir, sebab Logitech sudah menyiapkan alternatif yang jauh lebih terjangkau, yaitu Logitech Crayon.

Crayon menawarkan hampir segala kelebihan Pencil: bagian ujung yang runcing, latency yang sangat rendah, dukungan atas fitur palm rejection, serta bisa digunakan dalam sudut miring untuk membuat coretan yang lebih tebal. Yang absen hanya satu, yakni fitur pressure sensitivity, di mana tebal-tipisnya coretan juga bisa diatur berdasarkan seberapa keras Anda menekan ujung stylus ke layar.

Dari segi desain dan ergonomi, Crayon bisa dibilang lebih superior ketimbang Pencil. Sasis aluminiumnya yang pipih membuatnya lebih mantap di genggaman ketimbang Pencil yang membulat, lalu penutup konektor Lightning-nya tidak mungkin terlepas dari stylus, tidak seperti milik Pencil yang sangat mudah hilang.

Dalam satu kali charge, Crayon bisa digunakan hingga 8 jam nonstop. Namun bagian terbaiknya sekali lagi adalah harganya, yang cuma $50.

Logitech Rugged Combo 2

Selain Crayon, Logitech juga punya aksesori lain untuk iPad 2018 yang tak kalah menarik, yakni Rugged Combo 2. Logitech bilang bahwa kombinasi casing dan keyboard ini secara spesifik dirancang untuk ‘bertahan hidup’ selama digunakan di sekolah, yang tentunya tidak bisa luput dari perlakuan kasar para murid.

Masing-masing tombol keyboard-nya nyaris tidak bisa dicongkel, dan secara keseluruhan tahan terhadap tumpahan cairan. Keyboard-nya ini bisa dilepas kapan saja, dan tidak perlu di-charge karena menyambung langsung ke iPad via konektor pada casing-nya, bukan via Bluetooth – casing-nya sendiri menyambung ke iPad via konektor Lightning.

Sentuhan manis lain yang ditawarkan Rugged Combo 2 adalah sebuah holder di bagian samping untuk menyimpan baik stylus Crayon di atas maupun Apple Pencil. Harganya? $100 saja.

Satu hal yang amat disayangkan, kedua aksesori ini rupanya tidak akan dijual ke konsumen secara luas, melainkan khusus ke sekolah dan institusi pendidikan saja – iPad 2018 sendiri juga bisa didapat dengan harga yang lebih murah jika pembelinya adalah institusi pendidikan.

Sumber: Logitech.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter