1. DScovery

Loyalitas Adalah Sebuah Karakter Penting, Pengertian, Karakter dan Cara Membangunnya

Loyalitas juga dapat diterapkan pada merek, produk, atau tujuan tertentu

Menurut KBBI, loyalitas adalah ketaatan atau kesetiaan. Loyalitas adalah pemberian terus menerus atau menunjukkan dukungan yang kuat untuk seseorang atau institusi.

Kepada siapa kamu menunjukkan kesetiaan? Apa yang membuat seseorang merasa setia kepada orang lain? Mengapa kesetiaan dibutuhkan dewasa ini? Simak penjelasan DailySocial.id di bawah ini!

Pengertian Loyalitas

Karyawan yang loyal merupakan sumber daya yang berharga bagi perusahaan. Alasannya adalah loyalitas dapat menjadi pendorong produktivitas. Karyawan yang berkinerja tinggi memberikan manfaat terbaik bagi perusahaan.

Di sisi lain, karyawan yang tidak loyal cenderung bekerja sembarangan, dapat berhenti sewaktu-waktu, bahkan melakukan hal-hal yang merugikan perusahaan, baik sengaja maupun tidak sengaja.

Loyalitas juga dapat diterapkan pada merek, produk, atau tujuan tertentu. Loyalitas berarti sulit berpaling ke pihak lain karena sudah puas dan yakin dengan apa yang dimiliki saat ini.

Faktor Pembentuk Loyalitas

Sayangnya, loyalitas tidak muncul begitu saja. Ada sejumlah faktor yang mendorong timbulnya loyalitas seseorang, antara lain:

Kepuasan

Jika kamu membeli suatu produk dan kamu puas dengan semua fiturnya, tidak mengherankan jika kamu tetap setia pada merek ini. Kepuasan yang dirasakan merupakan dasar pembentukan loyalitas, yang tidak boleh dianggap remeh.

Sebaliknya, ketidakpuasan seringkali membuat seseorang kecewa. Pada akhirnya, orang tersebut akan berusaha mencari pihak lain yang diyakini lebih mampu memenuhi kebutuhannya. Faktor inilah yang menyebabkan loyalitas menjadi hilang atau setidaknya melemah.

Ikatan Emosi

Faktor lain yang membentuk loyalitas adalah keterikatan emosional. Misalnya, suatu hari kamu mengunjungi kafe atau restoran bersama temanmu. Momen menyenangkan yang dialami di tempat ini akan menjadi kenangan yang ingin kamu ulangi lagi.

Karena hubungan emosional yang tercipta, kamu tidak akan keberatan memilih tempat ini setiap kali kamu membutuhkan tempat makan atau menginap. Koneksi emosional dapat dibuat atau muncul dengan sendirinya.

Kepercayaan

Karena kamu mempercayai seseorang, jangan ragu untuk menunjukkan kesetiaanmu. Kepercayaan juga bisa menjadi faktor loyalitas, yang bisa datang dari reputasi yang baik.

Ketika reputasi jatuh, kepercayaan hilang secara otomatis, begitu pula loyalitas. Jadi jika ingin memenangkan kesetiaan orang lain, jujurlah apa yang bisa dijelaskan.

Manfaat

Hanya sedikit orang yang merasa harus setia setelah menikmati manfaatnya. Tidak apa-apa asalkan tidak merugikan orang lain. Jadi, jika kamu adalah pihak yang ingin membangun loyalitas, tawarkan keuntungan sebanyak mungkin kepada pelanggan. Tidak diragukan lagi mereka akan kembali dan menunjukkan kesetiaan.

Cara Membangun Loyalitas

Nah, untuk membentuk loyalitas pada diri seseorang terhadap suatu produk atau merek, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, antara lain:

Mengenali Pelanggan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengidentifikasi orang yang ingin kamu setiai. Jika itu pelanggan, kamu tahu apa yang mereka inginkan. Semakin banyak informasi yang kamu miliki, semakin mudah membuat pelanggan senang. Tujuan utamanya adalah menciptakan loyalitas yang kokoh.

Menerima Kritik

Masih ada perusahaan atau penjual yang menolak kritik, percaya bahwa mereka selalu benar. Bahkan, mungkin ada praktik atau produk yang perlu diperbaiki. Dengan membuka diri terhadap umpan balik dan kritik, kamu dapat membangun loyalitas orang lain. Karena mereka terlibat dalam pengembangan perusahaan.

Memberikan Reward

Ketika kamu merasa telah memberikan segalanya untuk perusahaan atau menjadi pelanggan tetap, kamu ingin dihargai. Perusahaan yang baik menawarkan penghargaan sebagai tanda pencapaian. Penghargaan juga bisa menjadi cara untuk membangun loyalitas.

Dapat Diandalkan

Jika kamu memiliki produk yang dipasarkan di masyarakat dan ingin membangun loyalitas, jadikan produk tersebut dapat diandalkan dalam segala situasi. Suka atau tidak suka, orang mencari produk ini dan menggunakannya dengan hati-hati.

Kemampuan untuk dapat diandalkan adalah keterampilan yang sangat penting. Singkatnya, kesetiaan adalah sesuatu yang tidak bisa muncul begitu saja tanpa usaha. Jadi gunakan tips ini untuk menciptakan rasa loyalitas terhadap perusahaan karyawan dan merek pelanggan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again