Categories

Berita

RajaMobil Ramaikan Pasar Jual Beli Mobil Online (Updated)

Andi Miftachul - 28 June 2012

Pasar persaingan jual beli mobil online kini makin ramai dengan diluncurkannya RajaMobil.com, Rabu kemarin di Jakarta. RajaMobil merupakan sebuah portal jual beli mobil yang bertujuan untuk menjembatani proses transaksi jual beli antara penjual dan pembeli melalui perantara media internet.

Plaza Toyota, salah satu dealer resmi untuk mobil Toyota, kini juga memperluas bisnisnya dengan bisnis jual beli mobil secara online. Plaza Toyota meluncurkan Rajamobil.com, portal khusus jual-beli mobil. Peluncuran portal ini bertujuan untuk menjembatani proses transaksi jual beli antara penjual dan pembeli melalui perantara media internet.

Di pasar jual beli mobil online ini, RajaMobil akan bersaing tidak hanya dengan situs khusus beli mobil lainnya seperti Mobil123, tetapi juga akan berhadapan dengan situs jual beli umum seperti Berniaga dan TokoBagus. TokoBagus sendiri sempat mengklaim menguasai pasar jual beli mobil secara online di Indonesia dengan menguasai sekitar 75% pasar.

Menurut Chief Executive Officer RajaMobil, Andi Silalahi seperti dikutip Kompas Otomotif, berdasarkan data yang mereka miliki, 78 persen orang yang akan membeli kendaraan melakukan survei terlebih dahulu melalui internet sebelum memutuskan kendaraan yang akan dibeli. Karenanya, bisnis otomotif online ini sangat potensial.

Salah satu cari promosi yang dilakukan oleh RajaMobil adalah dengan memanfaakan Google AdWords. Andi Silalahi mengatakan telah menyiapkan sekitar 1000 kata kunci untuk AdWords tersebut. Cara yang sama juga dilakukan oleh kompetitor mereka. Sehingga jika Anda melakukan pencarian dengan kata-kata kunci terkait dengan jual beli mobil, Anda akan menemukan beberapa iklan AdWords oleh situs-situs yang bersaing dalam bisnis jual beli mobil online ini.

Fitur pada RajaMobil tidak jauh berbeda dengan situs sejenis seperti Mobil123. Terdapat fitur pencarian, direktori berdasarkan merk mobil dan berdasarkan provinsi, artikel terkait tentang mobil, juga kalkulator untuk menghitung simulasi pinjaman. Data detail yang ditampilkan terkait dengan mobil yang dijual juga relatif sama. Fitur-fitur ini mengungguli fitur toko jual beli umum seperti TokoBagus dan Berniaga.

Dari segi tampilan, jika dibandingkan dengan halaman depan Mobil123, tampilan halaman depan RajaMobil terlihat lebih bagus. Jika tampilan Mobil123 terlihat terlalu rapat dan padat dengan font kecil, tampilan RajaMobil tersekat-sekat pada tiap bagian sehingga setiap fitur dapat terlihat dengan jelas. Tampilan halaman depan terlihat rapi dan lebih enak dilihat.

Sebagai pemain baru dalam bisnis online tentu saja RajaMobil akan berhadapan dengan kemapanan yang telah dimiliki oleh para pemain lama. Tetapi jika dilihat dari daftar bursa mobil yang telah dimiliki oleh RajaMobil yang juga sudah cukup banyak dan mencangkup beberapa merk terkenal dan mewah, sepertinya mereka siap untuk bersaing dalam bisnis ini.  Tetapi pengalaman Plaza Toyota sebagai pemilik RajaMobil dalam bisnis jual beli mobil secara offline tentunya akan membantu mereka bersaing dalam bisnis ini.

Update : Sebelumnya disebutkan bahwa RajaMobil merupakan perluasan bisnis dari Plaza Toyota. Pihak RajaMobil mengoreksi bahwa RajaMobil sama sekali tidak terkait dengan Plaza Toyota. Karena itu, artikel ini telah di update pada paragraf pertama dan paragraf terakhir. Judul yang sebelumnya "Luncurkan RajaMobil, Plaza Toyota Masuki Bisnis Online", juga telah di update menjadi seperti yang ada sekarang. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul karena kesalahan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter