Categories

Gadget

Lupakan Smartwatch, Wristify Adalah Gelang AC Pintar Penyejuk Tubuh Anda

Yoga Wisesa - 2 October 2014

Tinggal di negeri beriklim tropis memberikan berkah dan problema tersendiri. Ekspos sinar matahari membuat tanah kita subur, tapi jumlah penduduk dan kendaraan yang kian banyak menyebabkan suhu semakin panas. Itu sebabnya produk air conditioner sangat laris di beberapa daerah. Tapi seandainya saja AC bisa dibawa kemanapun Anda mau...

Berkat teknologi, sebentar lagi keinginan Anda segera terkabul. Dikembangkan oleh empat kawan asal Massachusetts Institute of Technology yang tergabung dalam tim Embr Labs; Matthew Smith, Sam Shames, Megha Jain dan David Cohen-Tanugi, hadirlah wearable tech berupa gelang air conditioner pertama di dunia. Mereka memanggil perangkat itu dengan nama Wristify.

Fungsi gelang ini cukup sederhana: mengarahkan udara sejuk atau hangat ke permukaan kulit pengguna untuk menyeimbangkan temperatur badan. Berbeda dari AC ruang biasa, Wristify hanya menyesuaikan suhu di pergelangan tangan dan bukan tingkat kelembaban secara keseluruhan. Walau terlihat sederhana, Wristify memanfaatkan pendekatan solusi yang sangat cerdas.

 

Info menarik: Ini Dia Nixie, Kamera Wearable Menyerupai Jam Tangan yang Bisa Terbang

 

Mengapa begitu? Sebagai sistem pendingin alami, darah akan membawa panas dari dalam tubuh ke kulit. Lalu keringat diproduksi untuk mendinginkan kulit serta membuang panas ketika ia menguap. Kemudian darah dekat permukaan kulit akan disirkulasikan kembali ke tubuh bagian dalam, dan proses ini terus berulang.

Di daerah lengan Anda terdapat pembuluh nadi paling dekat dengan kulit. Dengan mengenakan Wristify di sana, darah akan jadi lebih cepat dingin, dan dalam prosesnya menyejukkan seluruh tubuh Anda - seperti pada sistem radiator mobil atau pendingin berbasis cairan pada komputer. Yang mereka sajikan ini ialah metode praktis, aman dan natural.

Hebatnya lagi, metode penghangatan serupa berlaku ketika Anda berada di daerah dingin. Wristify akan menyala biru saat bekerja menjadi pendingin, dan menyala jingga ketika sedang menghangatkan tubuh. Ide inovatif keempat penemu itu membuat Wirstify terpilih sebagai pemenang utama kontes Making and Designing Materials Engineering di MIT, dan kini ia adalah salah satu finalis kompetisi The Creators Project Make It Wearable dari Intel.

"Wristify menggunakan gelombang penghangat atau pendingin untuk mengaktifkan fungsi thermoceptor di kulit, membuat Anda merasa segar kembali," tulis Embr Labs di website mereka. Penciptaan Wirstify terinspirasi dari riset 'thermal comfort' selama 30 tahun terakhir, dimana inventor mencoba merancang device nyaman, elok dilihat dan efisien dalam penggunaan energi.

Segera daftarkan email Anda untuk mendapatkan kabar terbaru mengenai Wristify langsung dari developer-nya.

Sumber: EmbrLabs.com. Gambar header: Gigaom.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter