Categories

Berita

Lyke Hadirkan Ragam Pilihan Online Shop Dalam Satu Platform

100 ribu produk fashion dari 50 brand lokal dan online shop bermitra dengan Lyke

Yenny Yusra - 16 February 2016

Melihat kesuksesan model bisnis on-demand yang diterapkan oleh Go-Jek, hari ini secara resmi aplikasi mobile fashion yang hanya tersedia di aplikasi mobile bernama Lyke resmi hadir di Indonesia. Didirikan oleh Bastian Purrer yang dulunya juga pernah bekerja di Zalora sebagai CMO, Lyke bertekad untuk menjadi aplikasi mobile shopping yang memberikan akses fashion terlengkap dari berbagai online shop.

“Lyke hadir untuk menjawab keresahan pembeli terkait dengan cara pembayaran serta proses pendaftaran yang dinilai terlalu rumit, lama dan menyulitkan. Lyke memiliki proses check-out yang seamless untuk pembeli yang pastinya memudahkan dan juga menyenangkan untuk digunakan,” kata Bastian

Lyke juga menawarkan cara mudah untuk pelanggan dalam menemukan ragam pilihan fashion dalam satu platform. Terdapat lebih dari 100 ribu produk fashion dari 50 brand lokal dan online shop favorit yang bermitra dengan Lyke, termasuk di antaranya adalah Berrybenka, localbrand.co.id, bobobobo.com, dan brand lokal fashion lainnya yang memasarkan produk melalui media sosial seperti Instagram dan Blog serta chatt platform seperti Whatsapp, Line dan BBM.

Saat ini Lyke mengklaim telah memiliki sekitar 10 ribu pengguna aktif dan aplikasi Lyke sudah diunduh di platform iOS dan Android dengan jumlah sekitar 10 ribu orang. Dengan mengandalkan strategi pemasaran word of mouth, media sosial dan lainnya, diharapkan Lyke dapat menyasar kepada para wanita yang gemar belanja online di seluruh Indonesia.

“Lyke sebagai marketplace sudah bisa diakses di seluruh Indonesia, untuk memberikan produk terbaik, asli dan berkualitas kami senantiasa melakukan penyaringan penjual dan akan menindak para penjual yang dinilai memiliki catatan buruk dalam hal pelayanan kepada pelanggan,” kata Bastian.

Pembayaran mudah dan cepat

Terdapat empat langkah mudah yang bisa dilakukan pengguna ketika pertama kali menggunakan Lyke. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih produk yang disukai melalui fitur rekomendasi personal Lyke, kemudian hanya dengan satu klik saja pilihan produk yang diinginkan sudah bisa dibeli, lengkapi identitas diri dan lakukan proses pembayaran melalui bank transfer atau kartu kredit. Saat ini Lyke telah bermitra dengan empat bank ternama di Indonesia yaitu Bank Mandiri, BCA, BNI, dan BRI.

“Hal unik yang hanya dimiliki Lyke adalah ketika pengguna menyukai (Like) suatu produk maka secara otomatis ketika ada penawaran atau promosi terkait dengan produk tersebut akan mendapatkan notifikasi langsung,” kata Bastian.

Dalam hal pengiriman barang, Lyke membebaskan masing-masing penjual untuk melakukan proses. Namun demikian hingga produk sampai di rumah pembeli, uang yang sudah ditransfer oleh pembeli tidak secara langsung diberikan kepada penjual. Hal ini dilakukan untuk menghindari ragam penipuan serta kelalaian yang disebabkan oleh penjual.

“Jika produk terlambat terkirim atau gagal terkirim, uang dari pembeli akan kami kembalikan dalam waktu 72 jam. Dalam hal ini Lyke juga akan menjembatani masalah terkait dengan pengaduan, pengembalian barang antara penjual dan pembeli,” kata Bastian.

Menerapkan pilihan 'mobile only'

Secara khusus Lyke hanya tersedia di aplikasi mobile platform android dan iOS saja, komitmen ini sengaja dibuat oleh Lyke untuk menyasar para pengguna smartphone di Indonesia yang makin besar jumlahnya. Indonesia sendiri adalah negara pertama di Asia tenggara yang disasar oleh Lyke, sebagai pengguna smartphone terbesar di Asia Tenggara.

“Lyke hadir memberikan cara belanja fashion tanpa perlu repot mengakses laptop atau desktop. Hanya dengan mengunduh aplikasi Lyke pelanggan dapat menemukan ragam produk fashion yang diinginkan kapan dan di mana saja,” kata Bastian.

Sepanjang tahun 2016 masih banyak target yang ingin dicapai oleh Lyke, di antaranya adalah memperbanyak metode pembayaran, menerapkan sistem penilaian dan feedback yang lebih baik, memberikan informasi penjual dan produk secara lengkap dan transparan, pilihan kustomisasi kampanye dengan akses langsung dari penjual kepada pengikutnya (Follower) dan berbagi pilihan produk fashion pembeli, membuat koleksi produk favorit hingga mengikuti gaya selebriti favorit dan produk pilihan melalui aplikasi Lyke.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter