8 January 2015

by Yoga Wisesa

Mad Catz Umumkan Mouse Perubah Bentuk RAT Pro X

Kemarin kita sudah menjadi saksi sesuatu yang tidak biasa: LYNX 9, controller game serbaguna, dengan desain menyerupai robot Transformers. Tapi jangan dikira Mad Catz akan berhenti membuat kejutan. Sepertinya konsep modular diam-diam telah menjadi visi sang produsen dalam merancang produk selanjutnya. Tema serupa juga diterapkan pada mouse baru mereka.

Formulasi jitu Mad Catz menghasilkan RAT Pro X. Dipamerkan di panggung CES 2015, periferal unik ini disebut-sebut sebagai mouse paling canggih di dunia. Klaim tersebut memang beralasan, Mad Catz meraciknya agar mouse mampu bertahan lama hingga bertahun-tahun ke depan mengikuti perkembangan teknologi sensor dan optik. Rahasianya, RAT Pro X dapat dikustomisasi dan di-upgrade layaknya personal computer.

Penampilannya sangat stylish. Dari samping, bentuknya tampak seperti supercar futuristik. RAT Pro X merupakan mouse pertama dengan sensor modular, memungkinkan Anda menggonta-gantinya. Jika sedang butuh akurasi, tinggal pakai sensor laser. Ingin lebih santai saat menikmati game-game singleplayer? Tukar dengan sensor optik. Caranya sangat mudah, mengganti sensor bisa dilakukan cuma dalam beberapa detik.

Berdasarkan penjelasan tim Mad Catz, di waktu ke depan mereka berniat menjual sensor-sensor mouse secara terpisah. Ide ini sangat menarik, dan mungkin akan memicu reformasi di pasar periferal. Namun keberhasilannya tergantung dari penerimaan dan penjualan RAT Pro X ke depan. Komponen dan opsi sensor baru tak akan tersedia andai tak banyak orang membeli mouse unik ini.

 

Info menarik: LYNX 9, Controller Game Berkonsep Transformers Rancangan Mad Catz

 

Selain sensor, pengguna juga dapat menyesuaikan tingkat kenyamanan roda scroll. Masih belum puas? Silakan pilih satu dari tiga scroll wheel yang sudah dibundel bersama kit Mad Catz RAT Pro X. Kurang pas di genggaman, atau butuh navigasi lincah dalam turnamen Dota 2? Bagian punggung palm rest, samping kanan, kiri dan tatakan, semuanya bisa dioprek.

Di RAT Pro X, Mad Catz tak lupa mengenalkan sistem kontrol analog. Apa maksudnya? Bayangkan Anda dapat mengendalikan pesawat tempur ulang alik dalam game space simulator dengan sangat presisi, atau Anda bisa mengintip saat berlindung di permainan shooter. Fungsi telah tersedia, tinggal menunggu developer untuk memanfaatkannya.

Mad Catz RAT Pro X dibuat agar bertahan dalam sesi gaming yang lama, menggunakan konstruksi logam magnesium sehingga tangguh, tahan benturan, namun tetap ringan. Belum ada tanggal rilis pasti serta informasi harga. Semoga saja, ia dibanderol tidak jauh dari isi kantong mayoritas gamer.

Via IGN. Sumber: MadCatz.com.