1. Startup

MailChimp Akan Luncurkan Kombinasi Layanan Email Marketing dan Facebook Like Button

Beberapa waktu yang lalu saya menulis dengan topik yang berkaitan atas masa depan email yang suram. Email memang saat ini tidak bisa dilepaskan dari berbagai kegiatan internet, untuk kalangan bisnis email juga mengambil peran penting, bukan hanya untuk berkomunikasi tapi bagi para pegiat email marketing, email adalah alat utama dalam menjalankan bisnis mereka.

Namun seiring munculnya berbagai aplikasi serta pertumbuhan layanan berkomunikasi, email kemudian dipertanyakan masa depannya. Meski masih banyak pertentangan akan masa depan email ini namun beberapa indikasi telah muncul. Yang dibutuhkan dari bentuk email adalah penyegaran dan adaptasi akan perkembangan teknologi internet yang sedang berkembang.

Itu sepertinya yang dilihat oleh MailChimp, layanan yang berkutat dipengiriman email newsletters ini akan segera mengimplementasikan button Facebook Like dalam layanan mereka. Lewat MailChimp v 5.2, yang akan diluncurkan awal minggu depan, MailChimp akan memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan button 'Like' ini di layanan kampanye lewat email mereka.

MailChimp juga menjelaskan, fitur ini tidak memerlukan kode tertentu yang mungkin memusingkan, pengguna hanya perlu menggunakan merge tag sederhana dan button Like akan bekerja layaknya fitur sejenis di Facebook atau situs lain yang mengimplementasikan button ini. MailChimp juga akan melacak berapa banyak Like dari kampanye email pengguna lewat layanan statistik mereka.

Meski terkadang marketing lewat email mengganggu, namun dengan teknologi internet yang berkembang pesat serta perpindahan media cetak ke online, membuat marketing lewat email ini menjadi pilihan bagi banyak marketer.

Lepas dari itu semua, yang saya mau perlihatkan adalah bagaimana respon berbagai layanan 'klasik' salah satunya email atas perkembangan internet paling terbaru. Seperti yang dituliskan AllFacebook, pengguna yang telah meng-klik button Like ini mencapai 65 juta orang, bahkan pengguna yang melakukan aktifitas 'liking' ini telah melebihi fitur interaksi lain yang ada di Facebook.

Penyatuan email dan button Like ini adalah salah satu cara untuk tidak hanya menambah fitur tapi juga untuk menanggapi pertumbuhan jumlah pengguna Facebook yang mendekati 500 juta orang, belum lagi pertumbuhan button Like pada minggu pertama peluncurannya saja sudah lebih dari  50.000 website yang mengintegrasikan button ini.

Membuat layanan atau aplikasi yang berintegrasi dengan layanan yang sudah ada juga merupakan ide yang bisa digunakan oleh para startup dalam membuat aplikasi, terutama layanan yang sedang populer. Seperti yang dilakukan MailChimp, meski bukan sebuah layanan yang wah, namun integrasi button Like dan email ini bukan hanya update dengan perkembangan internet tebaru tetapi juga fungsional kerena bisa meningkatkan pola interaksi serta efek viral antara penerima email dan pengirim email.

Untuk melihat layanan penejelasan dari MailChimp tenteng integrasi email dan button Like dari Facebook, bisa di cek di video berikut.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again