Categories

Interview

MakanLuar Membangun Loyalitas dan Perkuat Komunitas

Menyediakan program poin loyalitas, aplikasi mobile masih dalam pengembangan

Michael Erlangga - 20 April 2015

Jawara Echelon Top 100 Indonesia Qualifier yang juga platform reservasi restoran secara online MakanLuar mengakui sebuah komunitas memegang peranan penting dalam proses mengakuisisi pengguna yang akan turut memperkaya platform-nya nanti. Pihaknya memiliki beberapa skema yang siap dijalankan untuk mendukung gagasan tersebut.

Berangkat dari pengalaman buruk saat melakukan reservasi restoran, dua Co-Founder MakanLuar Hiro Mohinani dan Kunal Narang berinisiatif merancang sebuah platform reservasi restoran online yang tidak biasa. Layanan serupa memang telah ada sebelumnya, namun mereka menekankan pada kemudahan filter yang tidak membingungkan namun terkurasi dengan lebih baik.

Didirikan sejak akhir tahun 2013 silam, MakanLuar berusaha menjawab kesulitan seperti panggilan reservasi yang tak terjawab, panggilan yang salah sambung, kesalahan informasi lantaran bahasa, dan lain sebagainya. Setelah meluncurkan versi beta sejak Maret 2014, pihaknya mengklaim telah berhasil memberi “tempat duduk” untuk nyaris 10.000 orang per bulannya. Patut diberi catatan bahwa angka tersebut bukanlah reservasi, tetapi keberhasilan mencatatkan transaksi.

Dalam wawancaranya dengan tim kami, Kunal Narang mengakui membangun komunitas demi layanannya di kemudian hari cukup signifikan. Pihaknya telah mempersiapkan beberapa rencana dan sumber daya demi meraih keterlibatan masyarakat yang lebih luas. Konten yang layak dibagikan merupakan salah satunya.

“Mengakuisisi pengguna tetap menjadi tantangan besar dari skema yang lebih besar lagi. [...] Kami berharap mampu membangun kredibilitas dengan pengguna setia kami seiring berjalannya waktu sebagai penyedia pemesanan restoran online yang dapat diandalkan,” ucap Kunal.

Berdasarkan data internal, 30% pengguna terdaftar MakanLuar adalah pengguna aktif. Guna memanjakan penggunanya, MakanLuar memiliki program yang memberikan potongan harga dari setiap transaksi dengan cara melakukan redeem dari poin yang dimiliki.

“Kami memiliki program poin loyalitas pada tempat di mana pengguna memesan dan menuliskan ulasan tentang tempat tersebut. Poin tersebut dapat ditukarkan untuk potongan harga hingga sebesar Rp 100 ribu,” tambahnya.

Ke depannya, pihak MakanLuar optimis dapat menyajikan pelayanan terbaik karena telah bekerja sama dengan partner restoran lokal yang memang paham akan sistem reservasi MakanLuar demi kebaikan kedua belah pihak. Ketika ditanyakan tentang ketersediaan aplikasi di perangkat mobile, Kunal menjawab santai, “Mobile app pada kedua platform iOS dan Android termasuk dalam rencana pengembangan, namun kami belum dapat memberi tahu tanggal rilisnya.”

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter