StartupBerita

Makeover Total Dari Zemanta

Masih ingat Zemanta? Yup, aplikasi yang membantu para blogger atau penulis yang ingin menemukan konten-konten terkait secara (hampir) otomatis ini, meluncurkan versi terbaru dari layanan mereka.

Ada dua up date yang utama, yaitu cross-links among Zemanta user dan comprehensive reports. Perubahan yang di klaim sebagai makeover total ini nantinya akan memberikan layanan, tidak hanya link pada artikel atau sumber lain yang terkait dengan apa yang anda tuliskan, tapi juga akan menampilkan usulan konten terkait dari para user Zemanta lain.

Sedangkan up date yang satu lagi, akan memungkinkan anda untuk menganalisis berapa link yang anda terima dari user lain, lalu user lain mana yang mencantumkan tulisan yang menampilkan link ke tulisan atau URLs anda.

Update lainnya seperti desain yang kini terasa lebih futuristik, Zemanta juga mengklaim versi up date ini lebih ringan dan lebih cepat serta lebih lengkap. Zemanta yang bisa digunakan pada 15 layanan blog paling populer, serta dapat diakses dari berbagai extension dari browser IE dan Firefox serta bookmarklet untuk Safari dan Chrome.

Dengan perkembangan real-time yang masif, para penyedia layanan blogging memang sudah saatnya melakukan perubahan, beberapa kritikus sempat melayangkan kritik bahwa reat-time konten akan melibas blogging, meski kritik itu sampai sekarang berlum terbukti, dan mungkin juga tidak akan, tapi proses refresh memang tidak bisa tidak dilakukan bagi layanan berbasis web dan internet.

Zemanta yang memiliki kantor di London, Slovenia dan beberapa kota lain ini memasuki umurnya yang kedua tahun ini, sebagai aplikasi yang memberikan layanan rekomendasi konten secara real-time, Zemanta bisa sangat membantu. Usulan-usulan yang Zemanta berikan berkaitan dengan konten, foto, tags, serta link yang bisa menambah lengkap materi tulisan akan sangat membantu terutama untuk anda penulis non fiksi atau berita yang memang diharuskan untuk memberi link pada tulisan anda sebagai pelengkap data, meski saya akui, versi lama Zemanta agak kurang berguna bagi artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia, foto serta link yang disediakan masih sangat terbatas.

Tapi mudah-mudahan perubahan ini akan juga membawa perubahan pada link-link dengan tulisan berbahasa non-Inggris, setidaknya link dari para user Zemanta mungkin bisa membantu.

Anda pengguna Zemanta? Bagaimana pendapat anda tentang up date dari Zemanta ini? Mari, share pendapat anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again