Makin Fleksibel, VLC Kini Dapat Memutar Video 360 Derajat

Masih preview, tapi akan tersedia untuk semua platform pada akhir bulan November lewat versi 3.0

VLC selama ini sudah dikenal publik sebagai aplikasi media player yang sangat fleksibel, sanggup memutar hampir semua format video yang ada di hampir segala platform. Melihat pesatnya perkembangan tren virtual reality, wajar apabila yang dituju VLC selanjutnya adalah dukungan format video 360 derajat.

VideoLAN selaku organisasi pengembangnya baru saja merilis versi preview dari aplikasi VLC yang dapat memutar video 360 derajat, hasil kolaborasinya bersama produsen 360cam, Giroptic. Seperti di YouTube, pengguna bisa menggerak-gerakkan tampilan layar dengan keyboard atau mouse untuk menonton video dari segala sudut.

Versi preview-nya memang hanya tersedia untuk Windows dan Mac, tapi VideoLAN akan membuka aksesnya secara massal lewat VLC versi 3.0, yang diperkirakan bakal hadir pada akhir November ini. Dukungan video 360 derajat ini pun nantinya juga akan tersedia di VLC versi mobile.

Rencana ke depan VideoLAN adalah menghadirkan VLC untuk sejumlah VR headset seperti Oculus Rift, HTC Vive, Google Daydream View dan OSVR di tahun 2017. Sektor audio pun turut diperhatikan, dimana VideoLAN juga menjanjikan dukungan untuk 3D audio dan headphone yang mengusung teknologi head tracking – meski mereka tidak menyebutkan kapan ini bakal tersedia.

Kalau Anda penasaran, silakan unduh versi preview VLC 360 dari situs VideoLAN langsung. Di sana juga tersedia contoh video atau foto panorama 360 derajat yang dapat di-download secara cuma-cuma.

Sumber: Engadget.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again