Grand Indonesia, mal yang menyasar sektor menengah ke atas di Jakarta, mulai merambah layanan digital sebagai strategi untuk meningkatkan nilai tambah sekaligus pelayanan kepada para pengunjungnya dengan menggandeng aplikasi Pomona dan Smark Parking. Terhitung rata-rata jumlah pengunjung mal Grand Indonesia per bulannya mencapai 2,1 juta orang pada tahun 2016.

Sebelum menggandeng Pomona dan Smark Parking, pihak Grand Indonesia mengaku telah bekerja sama dengan aplikasi ride hailing Grab dan aplikasi pelaporan keluhan masyarakat Qlue. Untuk Grab, pengunjung bisa langsung memesan order dari spot yang telah ditentukan dan pengemudi akan langsung mengantar pemesan. Sementara dengan Qlue, pihak Grand Indonesia mendapat dashboard khusus untuk menangani sendiri seluruh keluhan yang datang dari pengunjungnya.

“Intinya kami ingin sesuatu yang dapat enhance pengalaman berbelanja di Grand Indonesia. Kami pun terbuka untuk semua potensi yang ditawarkan pemain startup lainnya untuk meningkatkan pengalaman pengunjung mal,” terang Assistant Manager Public Relations PT Grand Indonesia Dinia Wibisono kepada DailySocial, Kamis (23/3).

Kerja sama kali ini, Grand Indonesia menggandeng Pomona dan Smark Parking. Pomona adalah aplikasi yang menawarkan fitur yang memungkinkan terjadinya interaksi antara merchant, produk, dan konsumen untuk meningkatkan probabilitas pembelian produk. Sementara Smark Parking adalah aplikasi reservasi parkir online.

Bentuk nyata dari kerja sama ini, para pengunjung mal yang sudah mengunduh aplikasi Pomona berkesempatan untuk mendapat poin-poin yang dapat ditukar dengan berbagai hadiah saat berkunjung ke merchant rekanan Pomona di Grand Indonesia. Ada fitur seperti Auto Check In, QR Code Check-In, dan Scan Product Barcode.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna mendapatkan poin, entah itu saat memasuki mal, window shopping di merchant, atau berbelanja untuk ditukarkan dengan berbagai hadiah. Khusus dengan Grand Indonesia, pihak Pomona meluncurkan pilot projectVirtual Concierge yang dinamai AskMona.

Co-Founder dan CEO Pomona Benz Budiman menjelaskan AskMona berperan aktif dalam membantu pengguna mendapatkan info terkini seputar outlet, event, jadwal film, serta rekomendasi promo yang sedang berlangsung di Grand Indonesia.

“Jadi sekarang, melalui fitur yang ditawarkan Pomona, setiap aktivitas belanja termasuk window shopping menjadi berhadiah,” ucapnya.

Selain dengan Grand Indonesia, Pomona sudah bekerja sama dengan puluhan mal yang berlokasi di kawasan Jabedetabek. Total merchant-nya pun sudah mencapai kisaran 300 merchant.

Sementara itu, dari sisi aplikasi Smark Parking. Pengunjung dapat melakukan reservasi parkir maksimal satu jam sebelum kedatangan. Pengguna pun akan langsung mengetahui secara online berapa slot tempat parkir yang masih tersedia.

Biaya yang dibutuhkan untuk menikmati layanan ini sebesar Rp40 ribu, belum termasuk biaya parkir per jam. Biaya ini akan dipotong secara otomatis lewat akun Doku yang merupakan mitra pembayaran Smark Parking.

Untuk lokasi parkirnya dibuat khusus dan eksklusif, sementara ini baru tersedia di area Basement 1 East Mall Grand Indonesia. Adapun untuk langkah awalnya, slot lahan parkir yang baru disediakan oleh pihak Grand Indonesia untuk Smark Parking sebanyak 60 slot.

Ke depannya, jumlahnya akan diperbanyak sesuai dengan demand pengunjung. Total kapasitas slot tempat parkir yang tersedia di Grand Indonesia mencapai 4.348 slot.

Co-Founder Smark Parking Kemal Putra mengatakan kerja sama antara Smark Parking dengan Grand Indonesia adalah kemitraan perdana dalam bisnis perusahaan. Smark Parking tergolong masih sangat baru, perusahaan tersebut baru berdiri pada 3 Maret 2017.

“Susah cari parkiran adalah keluhan yang selalu datang dari pengunjung. Dari hasil studi kami, pengunjung Grand Indonesia rela mengeluarkan kocek lebih untuk mendapatkan slot parkir. Untuk layanan Valet, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp60 ribu, bahkan VIP Valet bisa mencapai Rp150 ribu. Semudah itu orang rela mengeluarkan uangnya untuk dapat parkiran. Dengan adanya Smark diharapkan cari parkir jadi lebih mudah,” terangnya kepada DailySocial.

Ke depannya, Smark Parking akan terus menambah kerja sama strategis lainnya dengan berbagai pihak. Hanya saja mitra potensial yang akan disasar lebih banyak bergerak untuk fasilitas publik seperti bandara, on street parking, dan mal.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.