Categories

Game

Mampukah Update Baru Selamatkan Pokémon Go Dari Merosotnya Jumlah Pemain?

Di bulan Juli, total gamer Pokémon Go hampir menyentuh 45 juta orang tiap hari, tapi sekarang hanya ada 30 juta pemain.

Yoga Wisesa - 24 August 2016

Kendala teknis dan minimnya konten saat peluncuran tidak menghentikan Pokémon Go menjadi fenomena global dalam waktu singkat, sukses menyingkirkan nama-nama populer dari daftar teratas app store. Kini, tugas Niantic Labs selanjutnya ialah terus memperkaya fitur permainan berbasis AR itu agar sesuai dengan premis yang diungkap di awal periode promosi.

Namun meroketnya kepopularitasan Pokémon Go tampaknya diikuti penurunan drastis jumlah pemain. Berdasarkan rangkuman data dari beberapa sumber, Bloomberg mengungkapkan bahwa dominasi permainan AR tersebut mulai melemah. Di bulan Juli, total gamer Pokémon Go hampir menyentuh 45 juta orang tiap hari, tapi sekarang hanya ada 30 juta pemain. Satu-satunya harapan baginya adalah rangkaian update dari developer.

Dari kurva Apptopia, user aktif Pokémon Go mulai turun landai di tanggal 20 Juli. Penyusutan terbesar kira-kira berada di periode 27 Juli sampai 1 Agustus. Dari sisi engagement memang ada lonjakan di akhir minggu pertama bulan Agustus, boleh jadi disebabkan oleh perilisan Pokémon Go di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Namun hal tersebut tidak banyak mengubah nasibnya.

Analis memperkirakan jika depresiasi terus terjadi, dampaknya bukan hanya merusak citra dan kepopularitasan Pokémon Go, tapi juga ranah gamingaugmented reality. Alasannya, data Google Trends telah menunjukkan berkurangnya minat user terhadap app augmented reality, terlihat kontras dengan perhatian konsuman pada virtual reality. Meski demikian, informasi ini merupakan berita gembira bagi investor serta eksekutif aplikasi-aplikasi ternama seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Snapchat yang sempat terusik oleh kehadiran Pokémon Go.

Niantic tentu terus berusaha membubuhkan lebih banyak fitur. Belum lama developer meluncurkan update, ke versi 0.35.0 di Android dan 1.5.0 di iOS. Pembaruan tersebut memperkenalkan Pokémon Appraisal. Dengannya, tiap-tiap pemimpin tim - Candela (merah), Blanche (biru) dan Spark (kuning) - kini akan mengajari pemain mengenai kemampuan Pokémon dalam menyerang dan bertahan. Tenang saja, Anda tidak perlu pergi ke gym untuk meminta bantuan mereka.

Caranya cukup buka menu Pokémon dan tap spesies yang Anda inginkan. Kemudian tap tombol lingkaran di pojok kanan bawah layar handset Anda. Di sana muncul opsi Appraise. Silakan di tap, lalu Candela, Blanche atau Spark akan muncul di display dan memulai percakapan. Selanjutnya, pemimpin tim pilihan Anda akan menjelaskan kekuatan dan kelemahan Pokémon melalui beberapa slide informasi.

Niantic bilang, saat ini mereka juga sedang menggodok fitur-fitur baru yang segera dihadirkan lewat update berikutnya.

Via CNET & Arstechnica.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter