EntrepreneurMSME Tutorial

7 Tips Manajemen Gaji Karyawan dengan Bukugaji untuk Pemula

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Manajemen Gaji Karyawan dengan Bantuan Bukugaji

Manajemen gaji karyawan adalah salah satu hal yang harus Anda kuasai ketika Anda akhirnya memutuskan untuk merekrut karyawan untuk usaha Anda. Apabila Anda pemilik usaha kecil dan menengah yang sebelumnya tidak memakai karyawan dan kemudian Anda berencana untuk merekrut karyawan, menyusun gaji karyawan tentu menjadi hal yang baru bagi Anda.

Aplikasi Bukugaji Business bisa menjadi alat bantu pilihan Anda untuk menyusun hingga membayar gaji karyawan setiap bulannya. Namun, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda menyusun gaji untuk karyawan Anda. Informasinya akan dibahas secara lengkap pada artikel ini.

Tips Manajemen Gaji Karyawan

Terdapat tujuh tips yang harus Anda perhatikan ketika Anda menyusun gaji untuk karyawan Anda. Mulai dari menentukan nominal gaji hingga ke proses pembayaran gaji itu sendiri. Di bawah ini adalah informasi lengkapnya untuk Anda.

Sesuaikan Nominal Gaji dengan Jam dan Beban Kerja

Menentukan nominal gaji adalah hal pertama yang harus Anda lakukan, bahkan sebelum memulai perekrutan, karena gaji, beban kerja, dan jumlah jam kerja adalah hal-hal yang menjadi pertimbangan karyawan saat akan melamar ke tempat Anda.

Maka dari itu, sebaiknya sesuaikan nominal gaji dengan jam kerja dan beban kerja karyawan agar tidak terjadi tumpang tindih antara hak dan tanggung jawab karyawan.

Harian/Mingguan/Bulanan

Selain nominal gaji, sistem perhitungan gaji juga perlu Anda pikirkan. Apakah Anda ingin membayar karyawan secara harian, mingguan, atau bulanan. Sebagai contoh, jika Anda ingin membayar karyawan sebesar 70 ribu per hari dengan jadwal kerja 5 hari dalam seminggu, maka karyawan akan mendapatkan gaji berkisar 1,4 juta per bulannya.

Namun, perlu diketahui jika Anda memilih perhitungan gaji secara harian, maka nominal gaji karyawan akan berkurang ketika karyawan tidak masuk kerja.

Tentukan Uang Lembur dan Bonus

Ketika karyawan bekerja melebihi jam kerja yang telah ditetapkan, Anda perlu memberikan apresiasi dengan menambahkan uang lembur atau bonus ke dalam gaji. Anda bisa menetapkan sendiri jumlah uang lembur dan bonus sesuai dengan kemampuan.

Tentukan Tunjangan

Selain gaji pokok, Anda juga bisa memberikan tunjangan kepada karyawan. Jenis tunjangan yang bisa Anda berikan diantaranya tunjangan uang makan, transport, bensin, parkir, dan lain-lain. Untuk menambahkan tunjangan untuk karyawan di aplikasi Bukugaji, Anda juga bisa melihat cara lengkapnya di artikel cara menggunakan aplikasi Bukugaji.

Tentukan Tanggal Pembayaran Gaji Setiap Bulannya

Setelah menentukan berapa nominal gaji, tunjangan, dan bonus karyawan, selanjutnya Anda perlu menentukan tanggal pembayaran gaji setiap bulannya. Anda bisa memilih pembayaran di akhir bulan, di awal bulan, atau tanggal spesifik lainnya.

Berikan Slip Gaji Kepada Karyawan

Ketika pembayaran gaji dilakukan, jangan lupa untuk memberikan slip gaji kepada karyawan agar karyawan dapat melihat detail gaji setiap bulannya. Jika Anda menggunakan aplikasi Bukugaji untuk melakukan pembayaran gaji karyawan, Anda juga bisa mengirim slip gaji karyawan melalui aplikasi ini.

Simpan Laporan Gaji Karyawan

Selain slip gaji untuk karyawan, Anda juga bisa melihat dan mengunduh laporan gaji karyawan dari aplikasi Bukugaji Business untuk Anda simpan sebagai bukti Anda telah melakukan pembayaran gaji setiap bulannya dengan jumlah yang tertera. Begini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Bukugaji Business.
  • Masuk ke menu Salary.
  • Klik tombol Report untuk melihat laporan gaji karyawan.

 

 

  • Kemudian, klik Print.

 

 

  • Lalu, klik Download PDF untuk mengunduh laporan.

 

 

Nah, itu dia tujuh hal dalam manajemen gaji karyawan yang perlu Anda perhatikan ketika Anda berencana untuk merekrut karyawan. Anda bisa menggunakan aplikasi Bukugaji Business untuk membantu Anda mengelola berbagai aspek dalam pengelolaan karyawan, termasuk pembayaran gaji karyawan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again