1. DScovery

Manajemen Keuangan: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Fungsi dalam Perusahaan

Manajemen keuangan dibutuhkan dalam operasional perusahaan. Manajemen keuangan perusahaan yang baik akan mendatangkan lebih banyak keuntungan pada perusahaan.

Manajemen terdiri atas banyak aktivitas untuk menetapkan tujuan dengan mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan karyawan. Manajemen berperan untuk mengendalikan segala sektor berjalan sebagaimana fungsi dan tujuan yang hendak diraih selaras. Perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian membutuhkan manajemen hal ini juga berlaku pada manajemen keuangan dalam suatu perusahaan.

Manajemen keuangan menjadi tonggak utama suatu perusahaan beroperasi, karena segala sistem yang ada di dalam perusahaan melibatkan manajemen keuangan. 

Pengertian Manajemen Keuangan

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan manajemen sebagai penggunaan sumber daya secara efektif dan keuangan sebagai urusan mengenai uang. Manajemen keuangan menurut James C. Van Horne adalah segala aktivitas terkait perolehan, pendanaan dan pengelolaan aktiva dengan tujuan menyeluruh.

Manajemen keuangan memiliki ruang lingkup meliputi, keputusan investasi, keputusan pembiayaan dan keputusan pengelolaan nilai aset dalam perusahaan. Banyak pertimbangan yang perlu dilakukan dalam manajemen keuangan perusahaan.

Manajemen keuangan menjalankan fungsinya terhadap fungsi-fungsi keuangan milik perusahaan agar dana yang dialokasikan dapat mencapai tujuan dari rancangan perencanaan anggaran yang telah dibentuk.

Tujuan Manajemen Keuangan Perusahaan

Manajemen keuangan bertujuan untuk menggunakan dana milik perusahaan dengan efisien dan efektif. Berikut tujuan dari manajemen keuangan perusahaan dalam menilai efisiensi tersebut:

  • Memaksimalkan kenyamanan para stakeholders dan nilai perusahaan.
  • Memaksimalkan harga jual perusahaan yang belum go-publik .
  • Pemutusan pengalokasian dana dalam investasi.
  • Membentuk kebijakan dalam menentukan besarnya proporsi laba milik perusahaan yang akan dibagikan kepada stakeholders.

Manfaat Manajemen Keuangan Perusahaan

Manajemen keuangan di perusahaan memiliki berbagai manfaat, hal tersebut meliputi:

  • Adanya daftar mengenai rencana pemasukan dan pengeluaran mengenai kegiatan yang akan diadakan dalam periode waktu yang jelas.
  • Detail pengeluaran dan pemasukan yang diatur dalam manajemen keuangan akan mempermudah tindak lanjut perencanaan keuangan di masa mendatang.
  • Mengetahui bagaimana cara mengalokasikan dana perusahaan secara maksimal dengan minimal risiko.
  • Dana yang dimiliki perusahaan akan lebih aman melalui evaluasi dan perbaikan atas sistem penggunaan keuangan perusahaan.
  • Mempermudah pelaksanaan audit internal perusahaan.

Fungsi Manajemen Keuangan dalam Perusahaan

Manajemen keuangan memiliki tiga fungsi utama dalam perusahaan:

  • Aktivitas penggunaan dana, kegiatan untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva dengan alokasi berupa selembar kertas yang setara nilai pasar seperti saham, sertifikat deposito dan lain .
  • Aktivitas perolehan dana, kegiatan yang dilakukan guna mendapatkan sumber dana internal atau eksternal perusahaan.
  • Aktivitas pengelolaan aktiva, dana yang telah diperoleh dikelola secara efisien dalam bentuk aktiva.

More Coverage:

Melalui penjelasan mengenai manajemen keuangan, kita dapat menarik kesimpulan bahwa suatu keuangan terutama dalam lingkup bisnis melibatkan manajemen yang baik.

Manajemen keuangan yang baik akan berpengaruh juga pada hasil laporan keuangan dan bagaimana perusahaan dapat mengalokasikan dana dengan lebih efisien. Kalian sendiri apakah sudah melakukan manajemen keuangan dengan baik, semoga informasi ini dapat membantu kalian menemukan jawabannya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again