1. DScovery

Manajemen Pemasaran: Definisi, Tujuan, Tugas, Fungsi dan Karakteristik

Pengelolaan ini juga bergantung pada desain organisasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan pasar, terutama kebutuhan pasar sasaran

Tren ke arah digital marketing semakin meningkat. Buktinya, hampir setiap bisnis, terutama di dunia online, memimpin pemasaran digital. Tentunya, jika ditangani dengan benar, itu terorganisir semakin maksimal. Salah satunya adalah penerapan manajemen pasar atau biasa disebut dengan manajemen pasar.

Apakah kamu tahu tentang manajemen pemasaran? Singkatnya, manajemen pasar adalah analisis perencanaan, pengendalian, dan pelaksanaan setiap perdagangan yang dilakukan.

Artikel DailySocial.id berikut akan membantu kamu memahami pentingnya manajemen pemasaran. Selain itu juga terdapat tujuan dan fungsi.

Definisi Manajemen Pemasaran

Secara umum, ada banyak definisi manajemen pemasaran. Menurut salah seorang ahli, Philip Kotler, manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi dan keselarasan yang terstruktur agar sesuai dengan tujuan dan visi perusahaan.

Pengelolaan ini juga bergantung pada desain organisasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan pasar, terutama kebutuhan pasar sasaran. Dalam hal ini juga mempengaruhi harga, distribusi dari pemasok ke konsumen, dan pelayanan.

Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk melakukan manajemen pemasaran. Jika mampu memuaskan konsumen, maka akan berdampak positif bagi perusahaan.

Selain itu, dalam hal konsultasi, manajemen pemasaran juga terlibat dalam strategi pengembangan produk, penetapan harga, dan promosi. Sehingga diterima dengan baik tidak hanya oleh konsumen tetapi juga oleh perusahaan.

Tujuan Manajemen Pemasaran

Berikut beberapa tujuan manajemen pemasaran yang harus kamu tau:

Kepuasan pelanggan

Selain keuntungan, apa yang paling Anda inginkan dari perusahaan? Tentu saja kepuasan pelanggan. Meski telah memperoleh laba besar, tapi ternyata tidak ada kepuasan pelanggan, ini harus jadi evaluasi penting.

Untuk mencapai kepuasan pelanggan, diperlukan strategi khusus dalam pelaksanaannya. Misalnya, fokus pada strategi pemasaran, yang dapat dicapai melalui manajemen pemasaran yang baik.

Menciptakan permintaan

Salah satu hal utama yang perlu diketahui manajemen ini adalah bagaimana menjalankan bisnis agar konsumen menginginkan produk tersebut. Nah, menjalankan strategi pemasaran yang terukur sudah pasti diperlukan.

Salah satu contohnya adalah pengetahuan tentang preferensi konsumen. Mengetahui hal ini akan memudahkan dalam menjalankan strategi pemasaran produk yang kamu tawarkan.

Target pasar

Jika kamu mengetahui preferensi konsumen, kamu juga bisa memahami siapa di antara mereka yang menjadi target pasar. Ketika produk kamu sama dengan pesaing, diperlukan penawaran yang efektif dan tepat sasaran.

Iklan media sosial dapat menjadi alat yang ampuh untuk menangkap target pasar milikmu. Kamu dapat mencobanya dengan Instagram, Facebook atau TikTok.

Pencitraan produk

Penyajian produk kepada konsumen tentunya harus berupa penawaran dengan iklan yang inovatif. Namun, perlu diingat bahwa kualitas produk membutuhkan perhatian yang cermat.

Ketika kualitas produk bagus, mudah bagi bagian pemasaran untuk memperkenalkan produk. Hal ini memudahkan konsumen untuk membeli produk milikmu.

Target pasar baru

Jika kamu sudah memiliki pelanggan setia, saatnya mengembangkan bisnismu. Kamu perlu mencari pelanggan baru untuk melipatgandakan keuntungan usahamu. Salah satu strategi yang dapat kamu gunakan adalah iklan media sosial.

Kehadiran target pasar baru memperluas jangkauan produk. Karena biasanya ada permintaan untuk produk yang berbeda. Ini adalah peluang dan tantangan bagimu untuk meraih pencapaian lebih besar.

Menaikkan keuntungan

Bagian terpenting dari manajemen pemasaran adalah bagaimana kamu dapat meningkatkan keuntungan. Tidak peduli berapa banyak strategi yang kamu ikuti, jika kamu tidak menerapkannya secara konsisten, bisnis kamu tidak akan berkembang.

Itulah sebabnya konsistensi adalah kata penting dalam bisnis. Jika rapi, detail dan konsisten, percayalah, keuntungan bisnis akan datang secara sistematis.

Karakteristik Manajemen Pemasaran

Setelah memahami apa saja yang menjadi tujuan manajemen ini, kamu perlu mengetahui juga bagaimana karakteristiknya, berikut ini:

Fokus pada konsumen

More Coverage:

Selain keuntungan, bisnis tergantung bagaimana kamu memiliki pelanggan setia. Kehadiran konsumen dengan karakteristik tersebut memudahkan peluncuran produk. Selain itu, mereka bisa menjadi pemberi pengaruh yang baik bagi calon pelanggan potensial.

Oleh karena itu, menjaga konsumen adalah yang terdepan dalam bisnis. Produk yang baik adalah produk yang dibutuhkan konsumen.

Riset pasar

Mengapa kamu membutuhkan riset pasar? Pertanyaan ini penting karena tergantung pada kebutuhan perusahaan. Namun pada dasarnya, ketika kamu memulai bisnis, kamu perlu melakukan riset pasar.

Tujuan dari riset ini adalah untuk menentukan siapa target pasar dan berapa volume yang ideal untuk mendistribusikan produk tersebut. Lihat juga bagaimana strategi pemasaran harus diterapkan. Hal inilah agar mudah bagi kamu untuk memulai bisnis.

Buat rencana pemasaran

Setelah kamu melakukan riset dan menentukan target pasar kamu, yang tersisa hanyalah membuat rencana pemasaran. Di era digitalisasi ini kita melihat, mengaruskan berita melalui media sosial adalah hal yang masuk akal. Kamu dapat mengatur rencana satu per satu dan mewujudkannya menjadi promosi.

Itulah beberapa hal sederhana yang harus kamu tau mengenai manajemen pasar. Semoga informasi ini membantumu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again