Categories

Berita

Mandiri Sekuritas dan Inovasi Menuju Kematangan Teknologi Finansial

Masih terus mengembangkan beberapa platfrom digital untuk terjun di dunia teknologi finansial

Prayogo Ryza - 18 October 2016

Teknologi finansial  tengah berkembang di Indonesia. Ekosistemnya tidak hanya dirintis oleh para startup saja, melainkan juga oleh para institusi atau perusahaan finansial besar seperti bank. Salah satu bank yang sudah terlihat keseriusannya dalam memasuki ranah teknologi finansial adalah bank Mandiri melalui Mandiri Sekuritas. Inovasi seperti KYC (Know Your Customer) dengan menggunakan video call disebut salah satu dari sekian strategi Mandiri Sekuritas dalam memasuki pasar teknologi finansial.

Dalam wawancara dengan SWA, Direktur Utama PT Mandiri Sekuritas Silvano Rumantir mengungkapkan bahwa Mandiri Sekuritas dalam beberapa bulan terakhir telah meluncurkan fitur video call dalam proses verifikasi calon nasabah yang hendak membuka rekening baru di aplikasi Mandiri Online Security Trading (MOST). Menurutnya hal tersebut merupakan salah satu bentuk inovasi yang dilakukan Mandiri Sekuritas dalam menghadapi tantangan industri teknologi finansial.

Silvano juga menjelaskan bahwa saat ini perkembangan sektor teknologi finansial di Indonesia cukup menggembirakan, salah satunya karena bisa mendorong kalangan anak muda untuk mengembangkan layanan dan mulai berbisnis di sektor teknologi finansial teknologi ini. Mandiri Sekuritas sendiri menurut Silvano tengah mengembangkan platform teknologi yang bisa memberikan akses yang lebih mudah bagi apa nasabahnya. Pihaknya tidak mau ketinggalan dengan para kompetitor, terlebih pertumbuhan sektor teknologi finansial yang cukup pesat.

“Kami menggunakan kesempatan ini karena kalau kami tidak memanfaatkannya maka kompetitor pasti akan melakukannya. Kalau tidak dikembangkan, maka kami akan ketinggalan dengan yang lain. Meski begitu, kami tidak mau hanya ikut-ikutan yang lain. Menurut saya tanpa fintech pertumbuhannya akan segitu-gitu saja,” ujar Silvano.

Selain platform verifikasi menggunakan video call Mandiri Sekuritas beberapa waktu lalu juga meluncurkan aplikasi Moinves. Sebuah aplikasi mobile Andorid yang disiapkan untuk semakin memudahkan penggunanya mengakses reksadana.

Inovasi memang sudah seharusnya dilakukan oleh institusi finansial untuk menyongsong era digital, era teknologi finansial. Banyak cara untuk menjaga institusi finansial mapan untuk terus berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi. Di antaranya adalah mengembangkan layanan atau fitur teknologi mandiri, bekerja sama dengan startup, atau berperan menjadi penyokong dana perusahaan-perusahaan rintisan untuk berkembang.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter