8 Alasan Mengapa Kamu Harus Mengikuti Hackathon

Masih ragu untuk ikut hackathon? Ini 8 alasan mengapa kamu harus mengikuti kompetisi hackathon.

Istilahhackathonpastinya bukan merupakan istilah yang asing buat kamu para pegiat teknologi. Ajang yang bakal memacu inovasi dan kreativitas pengembang teknologi dalam waktu yang singkat ini seringkali mengajak kita memecahkan suatu masalah dengan membuat proyek perangkat lunak bersama dengan tim maupun individu.

Kompetisi ini umumnya dimulai dengan pengumuman ide dari proyek yang akan tim kamu kerjakan, dilanjut dengan mewujudkan ide tersebut dalam waktu yang ditentukan. Kemudian, kamu harus presentasikan proyek yang sudah digarap di hadapan juri. Selain menawarkan hadiah yang menggiurkan, ternyata ada banyak alasan mengapa kamu penggiat teknologi harus mengikutihackathon.

Apa aja, sih, manfaat mengikuti kompetisi hackathon? Yuk, simak penjelasannya sekarang juga!

8 Alasan Mengapa Harus Mengikuti Hackathon

1. Mengembangkan Keahlian baru

Dikutip dari Indeed, menghadiri ajanghackathonbisa menciptakan peluang bagi kamu untuk belajar dan mengembangkan keterampilan baru lebih cepat. Contohnya adalah mengembangkan keterampilan manajemen waktu, teknik pemrograman, bahasa pengkodean yang baru, atau mencoba alat baru selama acara berlangsung.

Dengan mengikutihackathonmemperluas keahlian dan meningkatkan pengetahuan yang dapat meningkatkan pilihan karir kamu sebagai seorangprogrammer.

2. Mendapatkan Pengakuan Dari Industri

Berpartisipasi dalam acarahackathonbisa membuat kamu lebih mudah terlihat di dalam dan di luar industri teknologi yang potensial. Apalagi, jika kamu bisa memenangkan kompetisi ini, maka tidak jarang banyak perusahaan yang akan meminta kamu dan tim untuk bekerja sama dalam proyek mereka atau mendapatkan pekerjaan di salah satu perusahaan teknologi bergengsi.

Tentunya, dengan mendapatkan pengakuan dari industri lain dapat membuat karir kamu menjadi lebih maju lagi karena adanya pengakuan terhadap keterampilan kamu dari industri lain.

3. Meningkatkan Motivasi Bekerja

Dengan mengikuti ajanghackathonatau acara pemrograman dapat membantu kamu untuk bisa mendapatkan motivasi dalam menyelesaikan tugas, karena kamu akan melihat bagaimana kinerja peserta lainnya di ajang tersebut yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk membantu kamu merasa lebih percaya diri dengan keterampilan kamu.

Selain itu, biasanya di acarahackathonjuga ada sesi kelas atauworkshopyang diisi oleh pakar teknologi yang profesional, di sini kamu bisa mendapatkanfeedbackprofesional yang dapat memotivasi kamu untuk menjadiprogrammerkomputer yang lebih baik.

4. Tantangan Keluar Zona Nyaman

Kompetisihackathonbisa membawa kamu keluar dari zona nyaman untuk meraih tantangan baru yaitu berkolaborasi di bawah tekanan, mendorong kamu untuk bertemu orang-orang baru, dan juga membuat proyeksoftwareyang belum pernah kamu buat sebelumnya. Hal ini bisa menguji kemampuan kamu dengan sudut pandang yang baru.

5. Menemukan Solusi yang Berbeda Untuk Suatu Masalah

Sesuai dengan namanya, kompetisi ini akan membuat kamu untuk menemukan solusi baru untuk suatu masalah terkait pengembangansoftware.Dengan adanya kolaborasi bersama tim, bisa membuat kamu dan tim mengembangkan solusi atau ide yang berbeda-beda yang dapat diimplementasikan dalam waktu singkat, sehingga kamu bisa melihat perspektif yang berbeda.

6. Menambah Relasi

Kompetisihackathonumumnya dilakukan secara kelompok. Bahkan, beberapa acarahackathonakan memberikan perintah peserta untuk membentuk tim secara spontan saat kompetisi sedang berlangsung.

Dari sinilah kamu akan bertemu dan bekerja sama dengan berbagai individu yang beragam yang belum pernah kamu kenal sebelumnya. Tentu, hal ini bisa menjadi nilai tambah karena kamu akan mendapatkan relasi baru ataunetworkingyang pastinya akan berguna dalam pengembangan karir.

7. Melatih Kemampuan Bekerja sama dan Berkomunikasi

Karena dilaksanakan secara kelompok dalam waktu yang cukup lama yaitu 24 - 48 jam, bisa membuat kamu untuk berlatih bekerja sama dalam tim karena tidak semua orang mampu bekerja dalam tim. Bekerja sama dalam tim menuntun kamu untuk dapat berkomunikasi secara baik agar pekerjaan menjadi lebih jelas, cepat selesai, dan tidak ada salah paham.

8. Reward

Tentunya alasan terakhir mengapa harus mengikutihackathonadalah kamu bisa memenangkan berbagai macamrewardsatau hadiah apabila menang dalam ajang ini. Tidak hanya uang tunai saja, beberapa hadiah dari kompetisi ini juga bisa berupagadgetterbaru atau alat-alat teknologi yang pastinya akan berguna untuk menunjang karir kamu sebagaiprogrammer.

Di antara semua manfaat tersebut, alasan utama kamu harus mengikuti kompetisi ini adalah jumlah pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh bisa menjadi sebuah pengalaman berharga dalam mengembangkan karir. Untuk itu persiapkan diri kamu untuk mengikuti programhackathonyang sudah dibuka saat ini, yaitu Hack@ON. Program ini diinisiasi oleh OCBC NISP yang bekerja sama dengan DailySocial.id, dengantagline#GakPerluRibet, kamu bisa  ikut berkontribusi untuk mempermudah para pengguna dalam menciptakan akses ke bank yang lebih inovatif.

Selain total hadiah ratusan juta rupiah yang menanti, program ini membuka lebar kesempatan bagi siapapun yang siap menerima tantangan dari Hack@ON. Jangan lupa persiapkan ide dan solusi terbaikmu untuk memecahkan masalah keuangan di Indonesia!Let’s Bank Differently!

Ajang kompetisi Hack@ON juga sudah semakin dekat, dengan sisa waktu kurang lebih dua bulan, panitia Hack@ON akan menutup registrasi dan pengumpulan ide pada 4 September 2022. Agar tidak terlewat, langsung daftarkan diri kamu di sini sekarang!

Advertorial ini didukung oleh OCBC NISP

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again