Categories

Tech Business

Tiga Hal yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Pemanfaatan Hybrid Cloud

Integrasikan sistem cloud dengan pengolahan data secara lokal untuk proses yang lebih cepat.

Ilham Sanjaya - 28 April 2020

Kemajuan perkembangan teknologi seperti pemanfaatan komputasi awan (cloud computing) membuat perusahaan dapat beroperasi dengan lebih efisien dan menghasilkan inovasi baru dengan bantuan teknologi. Dengan menggunakan cloud, perusahaan dapat melakukan pengolahan dan komputasi data secara cepat melalui internet. Akan tetapi, meski telah mengoptimalkan pemrosesan data dengan menggunakan cloud, terkadang perusahaan tetap membutuhkan pemrosesan data yang dilakukan di tempat untuk memiliki low latency yang membuat proses pengolahan data tidak memiliki delay berlebih. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memanfaatkan hybrid cloud.

Melalui pemanfaatan hybrid cloud, perusahaan dapat mengombinasikan proses pengolahan data dengan pemanfaatan komputasi awan dan olah data secara langsung di data center perusahaan. Dengan begitu, perusahaan akan memiliki sistem pengolahan data yang mendekati real-time, penghematan anggaran, serta dapat meningkatkan kontrol terhadap proses pengolahan data yang terintegrasi pada masing-masing cabang perusahaan. Berikut kami hadirkan tiga hal yang harus dipertimbangkan bila Anda ingin memanfaatkan hybrid cloud untuk operasional perusahaan.

Fitur yang Sama dan Terintegrasi dengan Cloud

Mengintegrasikan sistem cloud dengan pengolahan data secara langsung di tempat bukan berarti menghilangkan pemanfaatan fitur-fitur cloud yang Anda miliki sebelumnya. Dengan hybrid cloud, Anda justru akan dapat memanfaatkan layanan atau fitur-fitur seperti API yang sama dengan sistem cloud sehingga dapat memperluas fungsi serta mempercepat proses pengolahan data secara lokal tanpa adanya delay berlebih. Salah satu contoh penerapan yang bisa dilihat ada pada pelayanan kesehatan, fitur tersebut dapat membantu pengambilan informasi medis secara cepat dengan proses melalui cloud yang didukung oleh penyimpanan data secara lokal.

Selain itu, karena dapat memanfaatkan fitur yang sama secara lengkap, penggunaan hybrid cloud juga membantu Anda untuk memiliki penyimpanan data secara lokal tanpa harus memiliki proses data yang berat. Untuk itu, pastikan juga layanan hybrid cloud yang Anda gunakan memiliki sistem dan fitur yang sama serta terintegrasi agar dapat lebih efisien dan responsif dalam memenuhi kebutuhan pelayanan bisnis dan akselerasi dalam inovasi pelayanan perusahaan Anda terhadap konsumen.

Mendukung Integrasi Cabang

Untuk Anda yang memiliki kantor cabang yang tersebar luas, pemanfaatan hybrid cloud dapat membantu perusahaan tetap memiliki sistem proses dan penyimpanan data yang terintegrasi meski dioperasikan di tempat yang berbeda-beda. Kemampuan yang dimiliki cloud dapat dimanfaatkan untuk melakukan proses pengolahan data terpusat melalui konektivitas internet dengan tetap dapat menjalankan operasi data yang berbeda-beda di masing-masing tempat. Pastikan layanan tersebut didukung oleh hybrid cloud yang dimiliki karena hal ini juga dapat berguna apabila perusahaan Anda beroperasi di negara dengan regulasi pengolahan data yang ketat sehingga harus melakukan proses pengolahan data secara lokal namun tetap dapat memanfaatkan kecepatan dan kecanggihan cloud karena proses pengolahan data yang telah terintegrasi.

Pilih Layanan yang Menghemat Biaya Operasional

Melalui pemanfaatan hybrid cloud, Anda juga dapat memiliki biaya operasional yang efektif dan efisien. Selain itu, dengan pelayanan penuh terhadap kebutuhan infrastruktur dan fitur dalam pengolahan data yang terintegrasi, Anda juga bisa terhindar dari risiko-risiko kesalahan operasional, biaya dan waktu untuk pemeliharaan, serta tidak lagi perlu mengeluarkan anggaran untuk membeli hardware tambahan lainnya dari pihak ketiga. Dengan menggunakan layanan hybrid cloud yang terpercaya, perusahaan Anda akan dimudahkan terhadap proses pemantauan dan pemeliharaan infrastruktur teknologi yang digunakan untuk melakukan pemrosesan data karena telah disediakan dan didukung penuh oleh penyedia layanan tersebut.

Memiliki layanan hybrid cloud dengan fitur dan layanan yang maksimal dapat mendukung peningkatan produktivitas serta efisiensi operasional karena didukung pengembangan dan pelayanan fitur cloud dengan proses olah data secara lokal yang saling terintegrasi. Salah satu produk yang menyediakan kebutuhan Anda untuk memiliki pengalaman penuh dalam pemrosesan data secara hybrid adalah AWS Outposts. Dengan memiliki fitur-fitur yang tersedia pada layanan hybrid cloud tersebut, Anda juga dapat terhindar dari penggunaan API yang berbeda dan terlalu kompleks, pembaruan software manual, dan pengeluaran biaya tambahan lainnya yang dapat memperlambat laju produktivitas perusahaan Anda.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh AWS Outposts.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter