24 February 2015

by Glenn Kaonang

Mantan CEO Timex Akan Luncurkan Vector Watch, Smartwatch dengan Ketahanan Baterai 30 Hari

Dalam percakapan sehari-hari dengan rekan-rekan, saya sering berargumen bahwa salah satu kelemahan smartwatch terletak pada keseimbangan antara desain dan daya tahan baterai. Anda boleh setuju Apple Watch memiliki desain yang cantik, akan tetapi kita masih belum tahu baterainya bisa bertahan berapa lama.

Saya menilai daya tahan baterai sama pentingnya dengan desain. Dalam beberapa tahun terakhir, kita sudah ‘disibukkan’ dengan smartphone yang rata-rata perlu di-charge minimal satu kali dalam sehari. Apakah kita masih mau direpotkan lebih lagi oleh smartwatch dengan daya tahan baterai hanya beberapa hari saja?

Asumsi saya inilah yang menjadi salah satu gagasan utama bagi Joe Santana, mantan CEO Timex yang kini tengah berupaya kembali ke industri jam tangan lewat brand baru bernama Vector. Vector Watch akan menjadi produk pertamanya, dan ini bukan sembarang smartwatch.

Info menarik: Guess Connect Adalah Smartwatch yang Tak Kalah Anggun dari Apple Watch

Informasi mendetail tentang Vector Watch memang masih terbilang minim – gambar produknya saja masih belum bisa saya peroleh. Akan tetapi menurut klaim dalam rilis persnya, Vector Watch dirancang sebagai sebuah arloji dengan penampilan menawan, bukan sebagai gadget yang melingkari pergelangan tangan Anda.

Vector Watch juga diklaim dapat beradaptasi dengan kebutuhan penggunanya. Prediksi saya, semakin sering Anda menggunakannya, semakin pintar pula Vector Watch dalam menampilkan informasi yang tepat di saat yang tepat – mirip seperti konsep yang dibawa Google Now.

Terakhir dan yang menurut saya tidak kalah penting adalah perihal daya tahan baterai. Vector Watch diyakini hanya perlu di-charge satu kali selama sebulan digunakan. Entah apakah ini hanya sesumbar saja, namun saya rasa tidak mungkin seorang bekas petinggi brand arloji ternama berani mempertaruhkan reputasinya dengan klaim yang tak bisa dibuktikan nantinya.

Vector Watch rencananya akan menjalani debutnya pada bulan Maret nanti di ajang tahunan MCH Swiss Exhibition di kota Basel, Switzerland.

Sumber: PR Newswire iReach via Wareable. Gambar header: Vector.